HUBUNGAN ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PRINSIP-PRINSIP BISNIS PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 48 JAKARTA TIMUR

SITI MARYAM, . (2016) HUBUNGAN ANTARA MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN HASIL BELAJAR PRINSIP-PRINSIP BISNIS PADA SISWA KELAS XI PEMASARAN DI SMK NEGERI 48 JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SITI MARYAM.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang seberapa jauh hubungan antara media pengajaran dengan hasil belajar pada siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 48 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak bulan September-November 2015 sampai Maret - Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 48 Jakarta yang berjumlah 58 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (media pembelajaran), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 48 Jakarta, setelah itu dilakukan uji validitas isi melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (hasil belajar) menggunakan data sekunder berupa data dokumen nilai rapot siswa kelas XI Pemasaran di SMK Negeri 48 Jakarta. Hasil reliabilitas variabel X (media pembelajaran) sebesar 0.92. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 63.86 + 0.240 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0.115 dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.116. maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (-1.79) < Ftabel (1.87), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (54.56) > Ftabel (4.02), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.70. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien dengan menggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (10.27), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 58 – 2 = 56 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.68, berarti thitung>ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.702 = 0.49. Ini menunjukan bahwa 49% variasi hasil belajar ditentukan oleh media pembelajaran. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan media pembelajaran dengan hasil belajar pada siswa di SMK Negeri 48 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dientje Griandini, M.Pd ; 2). Dr. Corry Yohana, MM,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2020 19:45
Last Modified: 20 Apr 2020 19:45
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6974

Actions (login required)

View Item View Item