PENGARUH PREMI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NILAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG MEMPENGARUHI RETENSI NASABAH: STUDI KASUS PADA NASABAH PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE AGENCY PRU VICTORY

SITI MUDRIKA, . (2016) PENGARUH PREMI DAN KEPERCAYAAN TERHADAP NILAI DAN DAMPAKNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH YANG MEMPENGARUHI RETENSI NASABAH: STUDI KASUS PADA NASABAH PT PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE AGENCY PRU VICTORY. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SITI MUDRIKA_MANAJEMEN FE UNJ_2016.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menguji secara empiris pengaruh premi dan kepercayaan terhadap nilai, pengaruh nilai terhadap loyalitas nasabah, serta pengaruh loyalitas nasabah terhadap retensi nasabah PT Prudential Life Assurance. Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kausal, sedangkan teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah purposive sampling technique. Metode pengumpulan data menggunakan metode survei. Populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Prudential yang sudah memiliki polis asuransi lebih dari satu tahun di Indonesia. Total sampel pada penelitian ini berjumlah 258 orang. Pilot studi dilakukan kepada 50 orang responden. Alat analisis yang digunakan adalah SPSS 19 dan AMOS 22. Hasil faktor analisis melaporkan terdapat lima variabel yaitu variabel premi dengan lima indikator, variabel kepercayaan dengan dua dimensi dan sembilan belas indikator, variabel nilai dengan tujuh indikator, variabel loyalitas nasabah dengan dua dimensi dan sepuluh indikator, variabel retensi nasabah dengan enam indikator. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa variabel premi berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap nilai, variabel kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap nilai, nilai berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas, serta loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap retensi nasabah. Nilai fit model dengan P sebesar 0,050, nilai CMIN/DF sebesar 1,297, nilai TLI sebesar 0,978, nilai CFI sebesar 0,984 dan nilai RMSEA sebesar 0,034. Hasil penelitian ini bermanfaat bagi bisnis asuransi, untuk membuat strategi yang lebih baik dalam meningkatkan dan mempertahankan retensi nasabah.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mohamad Rizan, SE, MM ; 2). Usep Suhud, M.Si, Ph.D
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 20 Apr 2020 20:01
Last Modified: 20 Apr 2020 20:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6976

Actions (login required)

View Item View Item