HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN STRATEGI PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 14 JAKARTA

SITI YUNIATI, . (2016) HUBUNGAN ANTARA KECERDASAN EMOSIONAL DENGAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN STRATEGI PEMASARAN PADA SISWA JURUSAN PEMASARAN SMK NEGERI 14 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SITI YUNIATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data/fakta yang tepat (shahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (reliable) tentang apakah hubungan antara kecerdasan emosional orang tua dengan hasil belajar mata pelajaran strategi pemasaran pada siswa jurusan pemasaran SMK Negeri 14 Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama 6 bulan terhitung sejak bulan Januari sampai Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survei pendekatan korelasi. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 14 Jakarta yang berjumlah 78 orang siswa dengan menggunakan teknik acak sederhana. Untuk menjaring data variabel X (kecerdasan emosional), digunakan instrumen berbentuk kuesioner, yang disebar kepada siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 14 Jakarta, setelah itu, dilakukan uji validitas konstrak melalui proses validasi yaitu perhitungan koefisien korelasi skor butir dengan skor total dan uji reliabilitas dengan rumus Alpha Cronbach. Sedangkan untuk variabel Y (hasil belajar) menggunakan datasekunder berupa data dokumen nilai ulangan siswa kelas X Pemasaran di SMK Negeri 14 Jakarta. Hasil reliabilitas variabel X (kecerdasan emosional) sebesar 0,8325. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan mencari persamaan regresi yang di dapat adalah Ŷ = 6,59 + 0,14 X. Selanjutnya adalah uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan menggunakan uji Liliefors dan diperoleh Lhitung = 0,09dibandingkan dengan Ltabel pada taraf signifikansi 0.05 sebesar 0.100. maka Lo<Lt. Hal ini berarti galat taksiran regresi Y atas X berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran menghasilkan Fhitung (-2,00) < Ftabel (1.84), ini berarti model regresi yang dipakai linier. Uji keberartian regresi diperoleh Fhitung (52.64) > Ftabel (3.98), ini membuktikan bahwa regresi berarti. Uji koefisien korelasi product moment menghasilkan rxy sebesar 0.64. Kemudian dilanjutkan dengan uji signifikansi koefisien denganmenggunakan uji t. Hasil yang diperoleh adalah thitung (9,45), sedangkan ttabel pada dk = n – 2 = 78 – 2 = 76 dan taraf signifikansi 0.05 adalah 1.67, berarti thitung>ttabel. Perhitungan koefisien determinasi menghasilkan rxy2 = 0.642 = 0.41. Ini menunjuk bahwa 41% variasi hasil belajar ditentukan oleh kecerdasan emosional. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat hubungan positif dan signifikan antara kecerdasan emosional dengan hasil belajar di SMK Negeri 14 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Dientje Griandini M.Pd ; 2). Dr. Corry Yohana, MM,
Subjects: Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 20 Apr 2020 20:28
Last Modified: 20 Apr 2020 20:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/6980

Actions (login required)

View Item View Item