PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA CIREBON

AHMAD RIPAI, . (2019) PENGEMBANGAN MULTIMEDIA INTERAKTIF PEMBELAJARAN BAHASA CIREBON. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (35kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (332kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (625kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (14kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (62kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan memodifikasi model pengembangan Dick & Carey .Sampel penelitian siswa kelas IX SMPN 4 Kota Cirebon. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan multimedia interaktif pembelajaran bahasa Cirebon. Proses evaluasi dan revisi dilakukan untuk mengetahui kelayakan multimedia baik secara teoretis maupun empirik. Evaluasi dilakukan dengan melibatkan ahli isi (materi), ahli desain pembelajaran, dan ahli media pembelajaran, uji coba perorangan, uji coba kelompok kecil, dan uji coba lapangan. Data tentang kualitas produk pengembangan ini dikumpulkan dengan angket yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukan, pertama, Karena t hitung, 3,0569E-18 atau = 3,0569 x 10-18 lebih kecil dari t tabel pada taraf signifikansi (α) 0,05 sebesar 2,034515, maka tolak H0 dan menerima Ha. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran bahasa Cirebon dengan menggunakan program Multimedia Interaktif yang dikembangkan, efektif dalam rangka peningkatan hasil belajar siswa. Kedua, Mean skor sesudah menggunakan multimedia bahasa Cirebon lebih tinggi (lebih baik) dari pada sebelum menggunakan multimedia bahasa Cirebon, hal ini diperlihatkan pada tabel Paired Sample Statistics, dimana mean skor sebelum menggunakan multimedia bahasa Cirebon adalah sebesar 50,44117647 sedangkan mean skor sesudah menggunakan multimedia bahasa Cirebon adalah sebesar 65,88235294. Artinya multimedia bahasa Cirebon memiliki pengaruh signifikan. Ketiga, karena program multimedia bahasa Cirebon memberikan pengaruh signifikan, maka keputusan untuk mengembangkan program multimedia bahasa Cirebon adalah memiliki signifikansi secara praktis ********************************** ABSTRACT udents of SMPN 4 Kota Cirebon. This research aims to develop interactive multimedia language learning Cirebon. The process of evaluation and revision conducted to determine the feasibility of multimedia both theoretically and empirically. The evaluation was done with the involvement of expert content (material), expert instructional design, and instructional media experts, individual testing, piloting small groups, and field trials. Data on the development of product quality are collected by a questionnaire then analyzed by using descriptive analysis of qualitative and quantitative descriptive analysis. The results showed, first, because t, 3,0569E-18 or = 3.0569 x 10=18 smaller than t table at a significance level (α) amounted to 2.034515 0.05, then reject H0 and accept Ha. It can be concluded that the language learning Cirebon by using the Interactive Multimedia program developed, effective in improving student learning outcomes. Second, Mean scores after using multimedia language Cirebon higher (better) than before using the multimedia language of Cirebon, it is shown in the table Paired Sample Statistics, where the mean score before using multimedia language Cirebon amounted 50.44117647 while the mean score after use Cirebon is a multimedia language of 65.88235294. This means Cirebon multimedia language has a significan influence. Third, because the language of Cirebon multimedia program had a significan influence, hence the decision to develop a multimedia program Cirebon language is to have practical significance

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa 2). Prof. Dr. Asmaniar Z idris, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2521 not found.
Date Deposited: 22 Apr 2020 17:22
Last Modified: 22 Apr 2020 17:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7058

Actions (login required)

View Item View Item