PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN BERMAIN KARTU ESTAFET (PENELITIAN TINDAKAN PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS INSAN KAMIL KOTA SERANG )

SISKA PERDINA, . (2020) PENINGKATAN KEMAMPUAN SOSIAL ANAK DENGAN BERMAIN KARTU ESTAFET (PENELITIAN TINDAKAN PADA KELOMPOK B DI TK TUNAS INSAN KAMIL KOTA SERANG ). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (626kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (331kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (537kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (311kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (444kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (21MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian bertujuan untuk melakukan peningkatan kemampuan sosial di kelompok B TK. Tunas Insan Kamil Kota Serang Banten. Penelitian menggunakan penelitian tindakan (Action Research). Subjek penelitian di kelompok B1 Tk Tunas Insan Kamil Kota Serang Banten berjumlah 12 anak yang terdiri dari 6 anak perempuan dan 6 anak laki-laki. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan sosial melalui kegiatan bermain kartu estafet, yaitu kemampuan sosial pada pra siklus sebesar 48,16% dari 12 anak, pada tes akhir siklus I didapatkan peningkatan kemampuan sosial anak sebanyak 66,88% dari 12 anak yang artinya terdapat peningkatan sebanyak 18,72% dari pra siklus namun belum mencapai target yang diharapkan sehingga dilanjutkan pada siklus II yang diakhir pertemuan menunjukkan peningkatan kemampuan sosial anak sebesar 84,17% dari 12 orang siswa yang artinya mencapai target 71%. Indikator kemampuan sosial yang digunakan yaitu berperilaku sesuai dengan tuntutan sosial, berinteraksi dengan orang lain, dan bekerjasama. Simpulan dari penelitian ini adalah kegiatan bermain kartu estafet dapat meningkatkan kemampuan sosial anak. Kata Kunci: kemampuan sosial; bermain kartu; estafet ABSTRACT The aims at the research is to carry out social capacity building in group B Tunas Insan Kamil Kindergarten, Serang Banten City. The methodology used in this research is action research. The subjects of this study were group B children in Tunas Insan Kamil Serang Kindergarten, consists of twelve children’s, six boys and six girls. Data collection techniques using observation, documentation, and interview. The result indicated that there is an increase of children’s social ability through playing activities (relay card). The increase can be seen in the pre cycle, first cycle, and second cycle. The data showed there is an 84,4 percent of children’s social ability at the second cycle. The relay card activities can improve children’s social ability. Keywords: social ability; playing card; relay

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Rien Safrina, M.A, Ph.D 2). Dr. Tjipto Sumadi, M.Si, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2278 not found.
Date Deposited: 23 Apr 2020 13:21
Last Modified: 23 Apr 2020 13:21
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7060

Actions (login required)

View Item View Item