ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI KELAS X SMK

NOFIYAH MARDIANI, . (2020) ANALISIS PENGGUNAAN SUMBER BELAJAR SEJARAH PADA MATERI PERKEMBANGAN HINDU BUDHA DAN ISLAM DI KELAS X SMK. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER TESIS NOFIYAH.pdf

Download (370kB)
[img] Text
4. LEMBAR PERBAIKAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[img] Text
5. LEMBAR PERNYATAAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[img] Text
PERSETUJUAN PUBLIKASI TESIS EMPI.pdf
Restricted to Registered users only

Download (73kB)
[img] Text
ABSTRAK, DAFTAR ISI, KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Registered users only

Download (604kB)
[img] Text
BAB 1 analisis penggunaan sumber belajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (437kB)
[img] Text
BAB II analisis sumber belajar revisi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (471kB)
[img] Text
BAB III analisis sumber belajar.pdf
Restricted to Registered users only

Download (447kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (263kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA analisis penelitian saya.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB)
[img] Text
LAMPIRAN LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (243kB)

Abstract

Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang menciptakan peserta didik yang kreatif sehingga siap dalam dunia kerja. Pembelajaran di SMK erat kaitannya dengan kegiatan praktik, dengan begitu pembelajaran di SMK sangat beragam sumber belajar yang digunakan. namun hanya pelajaran tertentu saja yang menggunakan sumber belajar yang beragam banyak mata pelajaran lain tidak menggunakan sumber belajar yang variatif, salah satunya adalah sejarah. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis sumber belajar yang digunakan guru pada materi perkembangan Hindu-Budha dan Islam, (2) menganalisis dampak penggunaaan sumber belajar terhadap minat sejarah pada materi Hindu-Budha dan Islam. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan beupa analisis deskriptif dengan sampel tiga sekolah, yakni SMKN 42, SMK Cengkareng 1, dan SMK Insan Cita. Informan pada penelitian ini kepada guru sejarah Indonesia dan peserta didik kelas X SMK di tiga sekolah tersebut. Berdasarkan hasil penelitian bahwa ditemukan pada tiga sekolah tersebut belum menggunakan sumber belajar sejarah yang variatif. Hanya ditemukan bahwa lebih banyak menggunakan pembelajaran konvensional yakni ceramah dengan satu atau dua sumber belajar pada setiap kali kegiatan pembelajaran. Vocational High School (SMK) is an educational level that creates creative students so that they are ready in the world of work. Learning in Vocational Schools is closely related to practical activities, so learning in Vocational Schools very diverse sources of learning are used. but only certain subjects that use diverse learning resources many other subjects do not use varied learning resources, one of which is history. This study aims to (1) analyze learning resources used by teachers on Hindu-Buddhist and Islamic development materials, (2) analyze the impact of the use of learning resources on historical interest in Hindu-Buddhist and Islamic material. This study uses a qualitative method with descriptive analysis form with a sample of three schools, namely SMKN 42, SMK Cengkareng 1, and SMK Insan Cita. Informants in this study were Indonesian history teachers and students of class X vocational high schools in the three schools. Based on the results of research that found in the three schools have not used a variety of historical learning resources. It was only found that more use of conventional learning, namely lectures with one or two learning resources at each learning activity.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Umasih, M.Hum ; 2). Dr. Murni Winarsih, M.Pd
Subjects: Ilmu Sejarah > Aneka Ragam Sejarah dan Teori Sejarah
Ilmu Sejarah > Kumpulan Peristiwa Tertentu
Divisions: PASCASARJANA > S2 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Nofiyah Mardiani .
Date Deposited: 24 Apr 2020 07:20
Last Modified: 24 Apr 2020 07:20
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7108

Actions (login required)

View Item View Item