PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SMK NEGERI 25 JAKARTA SELATAN

UMATUN MUYASAROH, . (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X MATA PELAJARAN PENGANTAR AKUNTANSI SMK NEGERI 25 JAKARTA SELATAN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Umatun Muyasaroh_8105123311_Pendidikan Akuntansi'12.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X SMK Negeri 25 Jakarta, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, pengamatan dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X di SMK Negeri 25 Jakarta yang berjumlah 141 orang siswa dengan sampel 100 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara minat belajar dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 5,864 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Kebiasaan belajar secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,068 lebih besar dari ttabel sebesar 1,98. Secara simultan ada pengaruh antara minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 31,796 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,09. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara minat belajar dan kebiasaan belajar dengan hasil belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,629 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2) sebesar 39,6%%. Dapat disimpulkan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara minat belajar dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar pengantar akuntansi siswa kelas X SMK Negeri 25 Jakarta Selatan.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Mardi M.Si, ; 2). Ati Sumiati, M.Si.,
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Apr 2020 13:19
Last Modified: 24 Aug 2022 02:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7150

Actions (login required)

View Item View Item