PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta)

RADEN AHMAD BARNABAS, . (2020) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN DAN KEPRIBADIAN TERHADAP KETERAMPILAN MENYIMAK BAHASA ARAB (Penelitian Eksperimen pada Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (380kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (792kB)
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (394kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Menyimak adalah keterampilan yang memiliki peranan penting, hal tersebut disebabkan karena mahasiswa menerima dan berinteraksi dengan input bahasa dan memfasilitasi munculnya keterampilan bahasa lainnya. Tanpa memahami input dengan tepat, banyak proses pembelajaran yang tidak bisa dimulai. Menyimak menjadi proses fundamental atau dasar dari kegiatan berbicara. Tujuan dari penelitian ini untuk menemukan pengaruh strategi pembelajaran (strategi metakognitif dan kognitif) dan kepribadian (extrovert dan introvert) terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimental. Penelitian menggunakan faktorial 2x2. Proses pengumpulan data menggunakan angket, tes, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data adalah teknik analisis varian (ANAVA) 2 jalur. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab mahasiswa dengan tingkat kepribadian yang berbeda. Perbedaan kepribadian dalam penerapan strategi pembelajaran menyimak saling berhubungan erat. Pembelajaran bahasa bervariasi tergantung pada karakteristik individu dan variasi hasil pembelajaran bahasa dikaitkan dengan karakteristik peserta didik. Strategi kognitif dan metakognitif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab mahasiswa dengan tingkat variasi jenis kepribadian yang berbeda yaitu extrovert dan introvert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab mahasiswa dengan tingkat kepribadian yang berbeda. Perbedaan kepribadian dalam penerapan strategi pembelajaran menyimak saling berhubungan erat. Pembelajaran bahasa bervariasi tergantung pada karakteristik individu dan variasi hasil pembelajaran bahasa dikaitkan dengan karakteristik peserta didik. Strategi kognitif dan metakognitif memiliki pengaruh yang signifikan terhadap keterampilan menyimak bahasa Arab mahasiswa dengan tingkat variasi jenis kepribadian yang berbeda yaitu extrovert dan introvert. ********************************** Listening is a skill which have important role, it caused that students are received and interacted through language input and it facilitated other language skills. Learning process canot be begun without input comprehending. Listening is a basic process in speaking activity. The purpose of this study was to find the effect of learning strategies (metacognitive and cognitive strategies) and personality (extrovert dan introvertpersonality) on the Arabic listening ability. This study used a quantitative approach with experimental methods by factorial 2x2 design. The process of collecting data used questionnaires, tests, observations, and documentation. Technique data analysis istwo path ways. The results showed that there was a significant influence on the Arabic listening ability with different personality levels. Personality differences in the application of listening learning strategies are closely related. Language learning varies depending on individual characteristics and variations in language learning outcomes associated with student characteristics. Cognitive and metacognitive strategies have a significant influence on the Arabic listening ability with different levels of personality types namely extrovert and introvert. This can be seen from the conclusion that it has significant influence from learning strategy and personality on enhancement of Arabic listening skills, it can be seen from Fh (bxk) = 89.6, with Ft (0.05 (1.40) = 4,085. Therefore, it can be concluded that different personalities will influence the level of different listening skills in Arabic. The results of the study recommend that the learning process of listening to Arabic using metacognitive and cognitive strategies can be varied with the concept of group learning and enrichment of vocabulary from the material presented.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zainal Rafli, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Yumna Rasyid, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Pendidikan Bahasa
Depositing User: Users 1655 not found.
Date Deposited: 25 Apr 2020 11:54
Last Modified: 25 Apr 2020 11:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7153

Actions (login required)

View Item View Item