HUBUNGAN ANTARA TINGKAT INTENSITAS MEMBACA BUKU SOSIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 91 JAKARTA

Eveline Karlina, . (2016) HUBUNGAN ANTARA TINGKAT INTENSITAS MEMBACA BUKU SOSIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 91 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
EVELINE - HUBUNGAN ANTARA TINGKAT INTENSITAS MEMBACA BUKU SOSIOLOGI DENGAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SOSIOLOGI PESERTA DIDIK KELAS X IIS SMA NEGERI 91 JAKARTA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat intensitas membaca buku Sosiologi dengan hasil belajar kognitif Sosiologi peserta didik dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survey yang bersifat deskriptif korelasional. Teknik pengumpulan data variabel X dilakukan dengan menyebarkan kuesioner mengenai intensitas membaca buku Sosiologi yang berisikan 49 butir pertanyaan. Kemudian untuk mengumpulkan data variabel Y melalui dokumentasi nilai Sosiologi peserta didik. Untuk penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling dengan rumus dari pendapat Slovin. Sampel yang didapat sebanyak 50 responden dari 102 populasi dari tiga kelas X IIS SMA Negeri 91 Jakarta. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat hubungan yang signifikan antara tingkat intensitas membaca buku Sosiologi dengan hasil belajar kognitif Sosiologi peserta didik kelas X IIS di SMA Negeri 91 Jakarta. Hal ini didasarkan pada uji korelasi Pearson yang menyebutkan bahwa pertama, kedua variabel tidak memiliki hubungan yang searah karena nilai koefisien korelasi Pearson mengarah ke angka negatif yaitu sebesar -0,080. Kemudian yang kedua, kedua variabel tidak memiliki hubungan yang signifikan karena nilai signifikan 0,583 > α 0.05, sehingga H0 diterima. Demikian dapat disimpulkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara tingkat intensitas membaca buku Sosiologi dengan hasil belajar kognitif Sosiologi peserta didik kelas X IIS di SMA Negeri 91 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ciek Julyati Hisyam, MM, M.Si ; 2). Achmad Siswanto, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Oct 2019 14:40
Last Modified: 30 Aug 2022 03:17
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/717

Actions (login required)

View Item View Item