PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA TRISOKO DI JAKARTA

WIDYA SETIA PANGESTI, . (2016) PENGARUH MINAT BELAJAR DAN LINGKUNGAN BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR PADA SISWA SMA TRISOKO DI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI WIDYA SETIA PANGESTI 8105128105.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara minat belajar dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar pada siswa SMA Trisoko di Jakarta. Penelitian ini dilakukan selama tiga bulan terhitung bulan Maret 2016 sampai dengan bulan Mei 2016. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMA Trisoko Jakarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa IPS SMA Trisoko Jakarta yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proposional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 100 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan data, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data prestasi belajar (Y), minat prestasi (X1) dan lingkungan belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri dari uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji regresi linear ganda, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh antara minat belajar dan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisi data yang menunjukan nilat thitung dari minat belajar sebesar 5,705 > nilai ttabel sebesar1,66. Lingkungan belajar memiliki pengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukan nilai thitung 5,640 > nilai ttabel sebesar 1.66. Minat belajar dan lingkungan belajar secara serentak berpengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisisdta yg menunjukkan nilai Fhitung sebesar 47, 567 > nilai Ftabel sebesar 3.07. Persamaan regresi yang didapat adalah Y = 60,043 + 0,082X1 + 0,095X2. Berdasarkan uji koefesien determinasi diperoleh nilai R2 sebesar 0,440 yang berarti minat belajar (X1) dan lingkungan belajar (X2) berpangaruh terhadap prestasi belajar (Y) sebesar 44,0%. Berdasarkan hasil diatas, disarankan bagi guru agar mampu membimbing dan memotivasi siswa agar berdampak pada peningkatan prestasi belajar siswa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Roni Faslah S. Pd, M.M, ; 2). Darma Rika Swaramarinda M.SE, ;
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FE > S1 Pendidikan Ekonomi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 24 Apr 2020 16:12
Last Modified: 24 Apr 2020 16:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7171

Actions (login required)

View Item View Item