PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK N 44 JAKARTA PUSAT

EKA YULLIANTI PERTIWI, , (2014) PENGARUH KESIAPAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN AKUNTANSI DI SMK N 44 JAKARTA PUSAT. Sarjana thesis, UNIVERSTAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Eka Yulianti Pertiwi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Eka Yullianti Pertiwi. Hubungan Kesiapan Belajar Siswa Dengan Hasil Belajar Akuntansi Siswa Kelas X Pada Program Studi Akuntansi Di SMKN 44 Jakarta. Seminar Hasil Proposal, Jakarta: Konsentrasi Pendidikan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Ekonomi, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta, 2013. Penelitian survey ini bertujuan untuk mendapatkan data yang tepat (Sahih, benar, valid) dan dapat dipercaya (dapat diandalkan, reliable) atau fakta mengenai masalah yang akan diteliti, yaitu membuktikan pengaruh yang signifikan antara Hubungan Kesiapan Belajar Siswa dengan Hasil Belajar siswa pada program studi akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Barat. Penelitian ini menggunakan metode survey dan pendekatan korelasional. Data yang digunakan didapat dari kuesioner kesiapan belajar siswa dan hasil belajar siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik acak proporsional (proportional random sampling). Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah 78 siswa dan sampel yang digunakan berdasarkan table isacc dan Michael adalah 62 siswa. Persamaan regresi dalam penelitian ini adalah Ŷ = 3,99 + 0,025X. Uji persyaratan analisis yaitu uji normalitas galat taksiran regresi Y atas X dengan uji liliefors didapat Lhitung (Lo) 0,051 < Ltabel (Lt) 0,113. Ini menandakan bahwa model regresi berdistribusi normal. Sedangkan uji kelinieran regresi didapat F Hitung (0.74) < FTabel (2.02). Ini menunjukkan bahwa model regresi linier. Dari uji keberartian regresi diketahui bahwa model regresi berarti F Hitung (14.71) > F Tabel (4.00). Dari uji hipotesis dengan uji koefisien korelasi product moment dari Pearson diperoleh rxy= 0,444, maka ini berarti terdapat hubungan positif antara kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar. Dari perhitungan uji-t diketahui thitung = (3,84) > ttabel = (1,68), sehingga ini menunjukkan terdapat hubungan yang berarti (signifikan) antara kesiapan belajar siswa dengan hasil belajar. Sedangkan dari hasil perhitungan koefisien determinasi diperoleh nilai 19,69% yang menunjukkan bahwa kesiapan belajar siswa ditentukan oleh hasil belajar sebesar 19,69%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Sri Zulaihati, M.Si 2)Erika Takidah, M.Si
Subjects: Manajemen > Manajemen Kantor, Organisasi
Divisions: FE > S1 Akuntansi
Depositing User: Sigit .
Date Deposited: 25 Apr 2020 19:25
Last Modified: 25 Apr 2020 19:25
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7184

Actions (login required)

View Item View Item