AHMAD SOLIHUN, . (2016) PENGEMBANGAN MODEL LKS DENGAN PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
SKRIPSI AHMAD SOLIHUN (3315092251).pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh belum tersedianya model LKS dengan pendekatan saintifik pada pembelajaran kimia materi larutan penyangga. Tujuan penelitian ini untuk menghasilkan produk berupa model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga untuk memberikan proses pembelajaran kimia yang mengarah pada pendekatan saintifik sehingga siswa bisa dinilai keterampilan proses sainsnya tidak hanya hasil akhir. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode penelitian dan pengembangan yang terdiri atas empat tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk, uji kelayakan oleh para ahli, dan uji coba kepada siswa. Tahap analisis kebutuhan bertujuan untuk mengidentifikasi kebutuhan dalam pembuatan model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga. Pada tahap pengembangan dilakukan perencanaan dan penyusunan model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga untuk siswa SMA kelas XI. Tahap uji kelayakan oleh para ahli memberikan hasil model LKS dengan pendekatan saintifik yang dikembangkan pada materi larutan penyangga memiliki interpretasi baik. Pada tahap uji coba kepada siswa memberikan hasil bahwa model LKS dengan pendekatak saintifik memiliki interpretasi baik. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, maka dapat disimpulkan model LKS dengan pendekatan saintifik pada materi larutan penyangga sudah baik dan layak digunakan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Zulmanelis, M.Si ; 2). Dr. Maria Paristiowati, M.Si |
Subjects: | Sains > Kimia |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Kimia |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 27 Apr 2020 15:03 |
Last Modified: | 27 Apr 2020 15:03 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7293 |
Actions (login required)
View Item |