DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES-BASED ENGLISH LISTENING SYLLABUSES FOR S-1 ENGLISH STUDY PROGRAM

AJI RAMDANI, . (2016) DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES-BASED ENGLISH LISTENING SYLLABUSES FOR S-1 ENGLISH STUDY PROGRAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Thesis Aji Ramdani.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening berbasis CEFR untuk Program Studi Bahasa Inggris S-1. CEFR, singkatan dari Common European Framework of Reference, dibuat oleh Council of Europe pada tahun 2001 demi memfasilitasi pembelajar bahasa dengan satuan kualifikasi penguasaan bahasa. Kualifikasi ini direpresentasikan kedalam enam level kompetensi secara menanjak, yakni A1 (Breakthrough), A2 (Waystage), B1 (Threshold), B2 (Vantage), C1 (Effective Operational Proficiency) dan C2 (Mastery). Produk dari penelitian ini adalah silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening untuk Program Studi Bahasa Inggris S-1 berbasis CEFR berdasarkan level – level yang disebutkan. Secara praktikal, penelitian ini diproyeksikan menjadi salah satu perangkat pembelajaran bagi pimpinan maupun perancang lembaga atau institusi yang memerlukan model standar penguasaan bahasa. Perancangan silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening berbasis CEFR ini melalui proses analisis silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening yang digunakan oleh tujuh universitas yang berbeda di Indonesia. Analisis ini dilaksanakan untuk mengamati standar kompetensi, cakupan materi dan fitur tata bahasa yang terdapat di silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening yang digunakan. Selain itu, dilaksanakan juga analisis pengamatan standar kompetensi, cakupan materi dan fitur tata bahasa yang terdapat di CEFR. Kedua analisis tadi dapat menjabarkan persamaan dan perbedaan cakupan standar kompetensi, cakupan materi dan fitur tata bahasa yang terdapat di silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening dan di CEFR. Hasil dari analisis tersebut menggambarkan bahwa standar kompetensi, cakupan materi dan fitur tata bahasa yang terdapat di silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening yang digunakan hanya dicakup oleh CEFR sebesar 9.74% untuk A1, 11.09% untuk A2, 7.36% untuk B1, 8.66% untuk B2, 5.94% untuk C1, dan 0.60% untuk C2. Hasil tersebut menyimpulkan bahwa terdapat kebutuhan untuk merancang silabus Mata Kuliah Bahasa Inggris Listening berbasis CEFR untuk Program Studi Bahasa Inggris S-1.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ifan Iskandar, M.Hum ; 2). Dr. Ratna Dewanti, M.Pd.
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 27 Apr 2020 15:16
Last Modified: 27 Apr 2020 15:16
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7295

Actions (login required)

View Item View Item