PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK PARAMARTA CIPUTAT

FITRIANI AHUDIN, . (2015) PENGARUH LINGKUNGAN KELUARGA DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PADA SISWA DI SMK PARAMARTA CIPUTAT. Sarjana thesis, UNVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi Fitriani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

FITRIANI AHUDIN. 8105110217. Pengaruh Lingkungan Keluarga dan Motivasi Belajar terhadap Hasil Belajar Siswa di SMK Paramarta Ciputat. Skripsi, Jakarta: Program Studi Pendidikan Ekonomi, Konsentrasi Pendidikan Administrasi Perkantoran, Jurusan Ekonomi dan Administrasi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh antara lingkungan keluarga dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa di SMK Paramarta Ciputat. Penelitian ini dilakukan selama empat bulan terhitung bulan Maret 2015 sampai dengan bulan Juni 2015. Metode penelitian yang digunakan adalah metode survey dengan pendekatan kausalitas. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di SMK Paramarta. Populasi terjangkaunya adalah seluruh siswa kelas X yang berjumlah 95 siswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik acak proporsional, sehingga sampel dalam penelitian ini berjumlah 78 responden. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Untuk menjaring data hasil belajar (Y) didapatkan dengan cara merata-ratakan hasil nilai ulangan harian mata pelajaran kewirausahaan di semester 2, sedangkan data lingkungan keluarga (X1) dan motivasi belajar (X2) didapatkan dengan cara memberikan kuesioner kepada responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji persyaratan analisis yang terdiri atas uji normalitas dan uji linearitas, uji asumsi klasik, uji koefisien jalur, uji hipotesis yang terdiri atas uji f dan uji t. Berdasarkan hasil analisis data dapat diketahui bahwa terdapat pengaruh secara parsial antara lingkungan keluarga dengan hasil belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,355 > ttabel 1,668. Motivasi belajar berpengaruh secara parsial terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung (3,362) > ttabel (1,668). Lingkungan keluarga dan motivasi belajar secara serentak berpengaruh terhadap hasil belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung (26,172) > Ftabel (3,18).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Dra. Nuryetty Zain, MM, 2)Munawaroh, SE, M.Si,
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FE > S1 Manajemen
Depositing User: Sigit Nugroho .
Date Deposited: 28 Apr 2020 00:16
Last Modified: 28 Apr 2020 21:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7314

Actions (login required)

View Item View Item