ANNIS KURNIA RAMADHANI, . (2016) ANALISIS KESALAHAN PEMAHAMAN KONSEP TEOREMA PYTHAGORAS PADA SISWA KELAS VIII SMP (SUATU PENELITIAN DESKRIPTIF DI SMP NEGERI 1 BEKASI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
BAB I.pdf Download (187kB) |
|
Text
BAB I.pdf Restricted to Repository staff only Download (187kB) |
|
Text
BAB II.pdf Restricted to Repository staff only Download (439kB) |
|
Text
BAB III.pdf Restricted to Repository staff only Download (474kB) |
|
Text
BAB IV.pdf Restricted to Repository staff only Download (947kB) |
|
Text
BAB V.pdf Restricted to Repository staff only Download (94kB) |
|
Text
1 HALAMAN JUDUL.pdf Download (103kB) |
|
Text
4 KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (138kB) |
|
Text
2 LEMBAR PERSETUJUAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (382kB) |
|
Text
5 DAFTAR ISI.pdf Restricted to Repository staff only Download (135kB) |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesalahan-kesalahan dalam pemahaman konsep, penyebab terjadinya kesalahan dalam pemahaman konsep dan seberapa besar persentase tingkat kesalahan pemahaman konsep siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Bekasi. Materi yang diujikan pada penelitian ini adalah teorema Pythagoras. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang menggunakan pendekatan penelitian kualitatif. Dalam penelitian ini ditetapkan sebanyak 7 siswa sebagai subjek penelitian yang diwawancara, yaitu 2 siswa kelompok atas, 3 siswa kelompok tengah, dan 2 siswa kelompok bawah. Adapun pengambilan subjek penelitian dilakukan dengan cara purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah sepuluh butir soal matematika yang berbentuk uraian yang dikembangkan dari indikator materi dan pemahaman konsep, serta pedoman wawancara semiterstruktur. Berdasarkan hasil penelitian, dikelompokkan jenis kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam menyelesaikan soal yaitu kesalahan konsep, kesalahan menggunakan data, kesalahan teknis, dan kesalahan penarikan kesimpulan, dengan persentase kesalahan konsep 39,29%, kesalahan menggunakan data 3,57%, kesalahan teknis 25%, dan kesalahan penarikan kesimpulan 32,14%. Penyebab kesalahan konsep yang dilakukan siswa yaitu siswa hanya membaca soal dengan sekilas dan tidak memahami sepenuhnya maksud dari soal yang diberikan, kurang teliti dalam menentukan data-data yang diketahui dan hal yang ditanyakan dalam soal hanya terfokus pada informasi yang berupa angka saja, siswa hanya terfokus pada satu cara pengerjaan saja dan tidak mencoba menggunakan cara yang lain untuk menyelesaikan soal, terburu-buru dalam mengerjakan soal, lemah dalam memvisualisasikan soal ke dalam gambar dan kesulitan juga dalam memahami soal berbentuk gambar, serta kurangnya motivasi siswa untuk memahami soal yang diberikan karena berpikir bahwa soal yang diberikan termasuk sulit. Persentase tingkat pemahaman konsep siswa terhadap penguasaan materi teorema Pythagoras ditinjau dari banyaknya kesalahan yaitu sebanyak empat subjek dengan pemahaman konsep 90% dengan kategori paham seluruhnya, satu subjek dengan pemahaman konsep 80% dengan kategori paham sebagian, dan dua subjek dengan pemahaman konsep 70% dengan kategori paham sebagian.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dra. Sri Sudaryati, M.Pd ; 2). Dra. Ellis Salsabila, M.Si |
Subjects: | Sains > Matematika |
Divisions: | FMIPA > S1 Pendidikan Matematika |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 28 Apr 2020 14:01 |
Last Modified: | 28 Apr 2020 14:01 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7327 |
Actions (login required)
View Item |