PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) MENGGUNAKAN METODE PENYELESAIAN MASALAH DAN DISKUSI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA

Baety Mubarokah, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN REACT (RELATING, EXPERIENCING, APPLYING, COOPERATING, AND TRANSFERRING) MENGGUNAKAN METODE PENYELESAIAN MASALAH DAN DISKUSI DAN GAYA KOGNITIF SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT dengan menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi. (2) Perbedaan hasil belajar siswa yang memiliki gaya kognitif field independent (FI) dan field dependent (FD). (3) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi, pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. (4) Perbedaan hasil belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran REACT menggunakan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi, pada anak yang memiliki gaya kognitif field dependent. (5) Adakah pengaruh interaksi antara model pembelajaran REACT dan gaya kognitif terhadap hasil belajar siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 58 Jakarta pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 dengan sampel sebanyak 72 orang. Hasil statistika deskriptif menunjukan bahwa rerata hasil belajar kelas REACT metode PBL adalah 77,03; rerata kelas REACT metode diskusi adalah 68,86; rerata kelompok siswa FI adalah 76,07; sedangkan rerata kelompok FD adalah 67,74. Hasil pengujian hipotesis: (1) Hasil belajar model pembelajaran REACT dengan menggunakan metode penyelesaian masalah lebih besar daripada menggunakan metode diskusi. (2) Hasil belajar kimia siswa yang memiliki gaya kognitif field independent lebih besar daripada field dependent. (3) Hasil belajar model pembelajaran REACT dengan metode penyelesaian masalah lebih besar daripada metode diskusi, pada siswa yang memiliki gaya kognitif field independent. (4) Tidak terdapat perbedaan hasil belajar model pembelajaran REACT dengan metode penyelesaian masalah dan metode diskusi pada siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent. (5) Terdapat interaksi antara model pembelajaran REACT dan gaya kognitif. Kesimpulan (1) Bagi siswa yang memiliki gaya kognitif field independent dapat menggunakan kedua metode. (2) Bagi siswa yang memiliki gaya kognitif field dependent dapat menggunakan metode diskusi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Suwirman Nuryadin, M.Pd. ; 2). Drs. Darsef Darwis, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 Apr 2020 15:37
Last Modified: 28 Apr 2020 15:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7336

Actions (login required)

View Item View Item