PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN MATEMATIKA TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS VIII SMP

Dian Sari Febiarti, . (2016) PENGEMBANGAN BUKU SUPLEMEN MATEMATIKA TEOREMA PYTHAGORAS DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS VIII SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (230kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (401kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (205kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (98kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)
[img] Text
abstrak-daftar lampiran.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (144kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (201kB)
[img] Image
lembar persetujuan.JPG
Restricted to Repository staff only

Download (988kB)
[img] Text
Surat Keaslian.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (186kB)

Abstract

Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan bahan ajar berupa buku suplemen sebagai salah satu sumber belajar pada pembelajaran matematika di kelas VIII SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan kepada guru dan siswa, materi dalam buku yang dikembangkan adalah teorema Pythagoras. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik digunakan dalam pengembangan buku suplemen dengan menerapkan kelima karakter pendekatan Pendidikan Matematika Realistik pada buku suplemen yaitu konteks, model, kontribusi siswa, interaktivitas dan keterkaitan. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) melakukan analisis kebutuhan terhadap produk yang akan dikembangkan, (2) mengembangkan produk awal, (3) validasi ahli dan revisi, (4) evaluasi satu-satu, (5) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (6) uji coba lapangan skala besar kemudian revisi. Tahap pengembangan produk awal dibantu oleh Dosen Pembimbing. Validasi uji ahli terdiri dari uji ahli materi dan bahasa dan uji ahli media. Evaluasi satu-satu terdiri dari 3 orang siswa. Uji coba lapangan skala kecil terdiri dari 8 orang siswa. Uji coba lapangan skala besar melibatkan 50 orang siswa. Keenam tahap tersebut dilakukan secara berurutan sehingga menghasilkan produk akhir. Hasil penelitian ini berupa buku suplemen matematika teorema Pythagoras dengan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) untuk kelas VIII SMP yang telah dinyatakan sangat baik dan layak sehingga dapat menjadi penunjang pembelajaran matematika di kelas. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 84,09 maka buku suplemen yang dihasilkan dikategorikan sangat baik. Sementara itu, hasil analisis ahli media juga memberi penilaian sangat baik dengan presentase rata-rata keseluruhan angket sebesar 82,96. Begitu pun pada hasil evaluasi satu-satu, uji coba lapangan skala kecil, dan uji coba lapangan skala besar, ketiganya memberi penilaian sangat baik dengan presentase rata-rata keseluruhaan angket masing-masing sebesar 85,94% (one to one), 88% (kelompok kecil), dan 85,4% (kelompok besar). Berdasarkan semua hasil tersebut maka buku suplemen yang dikembangkan dapat digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Sri Sudaryati, M.Pd ; 2). Aris Hadiyan Wijaksana, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Apr 2020 12:10
Last Modified: 29 Apr 2020 12:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7379

Actions (login required)

View Item View Item