PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM MATERI BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK BAIT AL-FALAH PONDOK RANJI CIPUTAT

YUNEA KUSUMA WINANTI, . (2020) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM MATERI BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK BAIT AL-FALAH PONDOK RANJI CIPUTAT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1.COVER-NIM.pdf

Download (273kB)
[img] Text
2.ABSTRAK.pdf

Download (264kB)
[img] Text
4.LEMBAR ORIGINALITAS.pdf

Download (291kB)
[img] Text
5. SURAT PERNYATAAN PERSETUJUAN PUBLIKASI.pdf

Download (361kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf

Download (541kB)
[img] Text
3. LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (591kB)
[img] Text
8. BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy
[img] Text
9. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
12. BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[img] Text
10. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (866kB) | Request a copy
[img] Text
11. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Registered users only

Download (591kB) | Request a copy
[img] Text
15. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
14.LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

THE DEVELOPMENT OF INTERACTIVE MULTIMEDIA BASED LEARNING MODEL TO STIMULATE ENGLISH COMMUNICATION SKILLS OF THE KINDERGARTEN STUDENTS The role of English language is dominant that can not be separated from the daily life. The aim of the research is analyse and develop the learning package of English to fulfill the needs of the young learners particularly the kindergarten students to be able to communicate well in English.The research method used research and development by Meredith D. Gall, Gall & Borg. The researcher developed a set of instructional materials that was evaluated by experts, teachers and students. A total of 42 kindergarten students from The Islamic Kindergarten Bait Al Falah Pondok Ranji Ciputat Jakarta participated in this research. Through paired t test showed sig. 0,004 < 0,05 that is t score 15.254 > t (0.05;2) score 6.965 meaning t hitung 15.254 > t table = 6, 965 indicates that the significant difference on pre test and post test of the effectiveness of the interactive multimedia model. The results represented that not only the interactive model improve the kindergarten students English skills communication but also the students performance and motivation towards learning the language. Keyword: English; Interactive Multimedia; Learning Strategy; Creative-Play Curriculum Model.******* PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA INTERAKTIF UNTUK MENSTIMULASI KETERAMPILAN KOMUNIKASI DALAM MATERI BAHASA INGGRIS PADA PESERTA DIDIK TAMAN KANAK-KANAK BAIT AL-FALAH PONDOK RANJI CIPUTAT Peran bahasa Inggris sangat dominan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengkaji dan mengembangkan bahan belajar/ajar anak usia dini khususnya peserta didik Taman Kanak-Kanak untuk dapat berkomunikasi dengan baik dalam bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (research and development) oleh Meredith D. Gall, Gall & Borg. Peneliti mengembangkan satu set bahan ajar yang dievaluasi oleh para ahli, pengajar dan peserta didik. Sebanyak 42 peserta didik Taman Kanak-Kanak dari Taman Kanak-Kanak Islam Bait Al Falah Pondok Ranji Ciputat Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Analisis data dilakukan Melalui uji t berpasangan menunjukkan sig. 0,004 <0,05 yaitu t skor 15,254> t (0,05; 2) skor 6,965 artinya t hitung 15,254> t tabel = 6, 965 menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada pre test dan post test terhadap efektivitas model multimedia interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak hanya model interaktif meningkatkan komunikasi keterampilan bahasa Inggris peserta didik Taman Kanak-Kanak tetapi juga kinerja dan motivasi terhadap belajar bahasa. Kata kunci: Bahasa Inggris; Multimedia Interaktif; Strategi Belajar; Model Kurikulum Creative-Play.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Dr. Robinson Situmorang, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. M. Atwi Suparman, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2876 not found.
Date Deposited: 29 Apr 2020 14:37
Last Modified: 29 Apr 2020 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7383

Actions (login required)

View Item View Item