PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REDOKS

DWI RAHMAWATI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED INSTRUCTION DENGAN METODE TWO STAY TWO STRAY TERHADAP HASIL BELAJAR KIMIA PADA MATERI REDOKS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI DWI (3315126588).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Metode Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Reaksi Reduksi Oksidasi. Penelitian ini mengunakan metode penelitian Quasi Experiment, Nonequivalent Control Group Design. Sampel penelitian dipilih melalui teknik purposive sampling dan ditentukan X MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIA 3 sebagai kelas kontrol. Kelas eksperimen diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan Two Stay Two Stray dan kelas kontrol diberi perlakuan model pembelajaran Problem Based Instruction dengan diskusi terbimbing. Berdasarkan uji t didapatkan thitung sebesar 11,31564 dan nilai ttabel sebesar 1,9944 dengan dk = 70. Nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Pada penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif Model Pembelajaran Problem Based Instruction dengan Metode Two Stay Two Stray Terhadap Hasil Belajar Kimia pada Materi Redoks. Kata kunci : Problem based Instruction, Two Stay Two Stray, Hasil Belajar, Redoks.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs.Suhartono,M.Kes ; 2). Drs. Darsef, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Apr 2020 13:40
Last Modified: 29 Apr 2020 13:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7389

Actions (login required)

View Item View Item