DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES –BASED ENGLISH READING ASSESSMENT SPECIFICATIONS FOR S-1 OF ENGLISH STUDY PROGRAM

EKA NUR RIZKI, . (2016) DESIGNING COMMON EUROPEAN FRAMEWORK OF REFERENCE (CEFR) FOR LANGUAGES –BASED ENGLISH READING ASSESSMENT SPECIFICATIONS FOR S-1 OF ENGLISH STUDY PROGRAM. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Thesis Eka PDF.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Keterampilan membaca adalah menjadi kebutuhan bagi siswa Jurusan Bahasa Inggris sejak siswa dituntut untuk memahami berbagai jenis membaca teks yang menyediakan model yang baik untuk menulis bahasa Inggris. Di sisi lain, membaca teks juga memberikan kesempatan untuk mempelajari komponen bahasa seperti kosakata, tata bahasa, tanda baca dan cara untuk membangun kalimat, paragraf dan teks. Penelitian ini bertujuan untuk merancang spesifikasi keterampilan membaca berbasis CEFR untuk S-1 Program Studi Bahasa Inggris dengan menggunakan metodologi DDR. Data dan sumber data dari penelitian ini adalah 1) teori dan konsep penilaian membaca; 2) teori dan konsep perancangan spesifikasi penilaian membaca; 3) teori dari CEFR untuk bahasa berfokus pada penilaian dari silabus yang ada dari 7 perguruan tinggi di Indonesia. Hasil dari penelitian ini adalah bahwa cakupan kompetensi standar silabus yang ada sebagian besar di tingkat C1 dengan 45%, cakupan untuk bahan dan Lexico tata bahasa dalam silabus yang ada sebagian besar di tingkat B2 dengan 51% yang berarti Perguruan rata-rata di Indonesia membutuhkan siswa untuk menguasai topik tentang Pendidikan, Film, Buku dan sastra, Berita, gaya hidup dan urusan saat ini, Media dan Seni. Komponen-komponen merupakan dasar dari merancang spesifikasi tes membaca.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Ifan Iskandar, M. Hum ; 2). Dr. Siti Drivoka S.,M.Pd,
Subjects: Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Inggris
Divisions: FBS > S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Apr 2020 16:39
Last Modified: 29 Apr 2020 16:39
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7393

Actions (login required)

View Item View Item