PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII SEMESTER II SMP

FITRI BUDI MULYAWATI, . (2016) PENGEMBANGAN MODUL MATEMATIKA DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA MATERI SEGI EMPAT KELAS VII SEMESTER II SMP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (21MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran berbentuk modul pada materi segi empat bagi siswa kelas VII semester II SMP. Berdasarkan analisis kebutuhan yang telah dilakukan, diperoleh data dan informasi bahwa salah satu kendala dalam pembelajaran di sekolah yaitu kurangnya media pembelajaran. Guru masih menggunakan buku pegangan lebih dari satu bertujuan agar dapat materi dan contoh soal yang kontekstual. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini yang terdiri dari 6 tahap, yaitu: (1) penelitian pendahuluan, (2) perencanaan pengembangan model, (3) validasi uji ahli dan revisi produk, (4) uji perorangan dan revisi produk, (5) uji coba lapangan kelompok kecil dan revisi produk, (6) uji coba lapangan kelompok besar dan revisi produk. Validasi ahli terdiri dari uji ahli materi dan bahasa dan uji ahli media. Evaluasi perorangan terdiri dari 3 orang. Validasi uji kelompok kecil terdiri dari 8 orang. Validasi uji kelompok besar terdiri dari 32 orang. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, diperoleh persentase sebesar 78,26% dengan kategori baik. Berdasarkan hasil validasi ahli media, diperoleh persentase 81,02% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil uji coba perorangan, diperoleh persentase sebesar 87,75% dengan kategori sangat baik. Persentase yang diperoleh dari uji coba lapangan skala kecil yaitu 89,71% dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan uji coba skala besar, diperoleh kategori sangat baik dengan persentase sebesar 81,16%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dapat dikatakan bahwa modul matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi segi empat kelas VII semester II SMP.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Makmuri, M.Si ; 2). Drs. Mulyono, M.Kom.
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Apr 2020 09:10
Last Modified: 30 Apr 2020 09:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7424

Actions (login required)

View Item View Item