PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA TERINTEGRASI LINGKUNGAN HIDUP

Ilham Samara Bhakti Riadi, . (2016) PENGARUH PENGGUNAAN STORYLINE DALAM PEMBELAJARAN BERBASIS KONTEKS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI HUKUM DASAR KIMIA TERINTEGRASI LINGKUNGAN HIDUP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Ilham Samara_3315122086_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran Storyline terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia Terintegrasi Lingkungan Hidup. Metode penelitian yang digunakan adalah Quasi Experiment dengan desain Postest Only Control Group Desain. Sampel penelitian ini diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling sehingga didapatkan dua kelas yaitu kelas X MIA 5 sebagai kelas eksperimen dengan metode Storyline sedangkan kelas X MIA 4 sebagai kelas kontrol dengan metode yaitu Diskusi. Instrumen penelitian berupa tes untuk mengukur hasil belajar dan instrumen pendukung berupa lembar observasi. Berdasarkan uji t didapatkan thitung sebesar 4,07 dan nilai ttabel sebesar 1,673 dengan dk = 70. Nilai thitung lebih besar dibanding nilai ttabel (thitung> ttabel )sehingga H0 ditolak pada taraf signifikansi 5%. Penelitian ini hasil belajar kelas eksperimen lebih besar dibandingkan dengan hasil belajar kelas kontrol. Hal ini menunjukan bahwa terdapat pengaruh positif metode Storyline pada pembelajaran berbasis konteks terhadap hasil belajar siswa pada materi hukum dasar kimia terintegrasi lingkungan hidup

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Agung Purwanto,M.Si ; 2). Drs. Darsef, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 30 Apr 2020 12:14
Last Modified: 30 Apr 2020 12:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7437

Actions (login required)

View Item View Item