PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015

PUTRI FITRILYA UTAMY, . (2015) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR DAN LINGKUNGAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 44 JAKARTA TAHUN AJARAN 2014/2015. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
bismillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

PUTRI FITRILYA UTAMY.Pengaruh Motivasi Belajar dan Lingkungan Teman Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat. Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Jakarta. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar siswa kelas X Jurusan Akuntansi SMK Negeri 44 Jakarta Pusat, baik secara parsial maupun secara simultan. Penelitian ini menggunakan metode survey dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik pencatatan dokumen, wawancara dan kuesioner. Populasi terjangkau dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jurusan Akuntansi di SMK Negeri 44 Jakarta Pusat yang berjumlah 70 orang siswa dengan sampel 58 orang siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah regresi linear berganda, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis yang terdiri atas uji t dan uji F. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa ada pengaruh secara parsial antara motivasi belajar dengan prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 4,767 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Lingkungan teman sebaya secara parsial juga terdapat pengaruh terhadap prestasi belajar, hal ini dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai thitung sebesar 2,280 lebih besar dari ttabel sebesar 2,000. Secara simultan ada pengaruh antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya terhadap prestasi belajar. Dapat dilihat dari hasil analisis data yang menunjukkan nilai Fhitung sebesar 19,406 lebih besar dari nilai Ftabel sebesar 3,150. Terdapat pengaruh yang positif dan berarti antara motivasi belajar dan lingkungan teman sebaya dengan prestasi belajar dengan koefisien korelasi ganda 0,643 dengan demikian, hipotesis penelitian diterima, selanjutnya diketahui koefisien determinasi (R2 ) sebesar 41,4%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1)Santi Susanti, S.Pd, M. Ak 2)Achmad Fauzi, S.Pd, M. Ak
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FE > S1 Pendidikan Tata Niaga
Depositing User: Sigit .
Date Deposited: 01 May 2020 05:46
Last Modified: 01 May 2020 05:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7462

Actions (login required)

View Item View Item