PENERAPAN PENDEKATAN SEL (SOCIAL EMOTIONAL LEARNING) MENGGUNAKAN METODE JIGSAW BERBASIS CERITA PADA KONSEP LARUTAN ASAM-BASA DI SMAN 2 BEKASI

Jumiati, . (2016) PENERAPAN PENDEKATAN SEL (SOCIAL EMOTIONAL LEARNING) MENGGUNAKAN METODE JIGSAW BERBASIS CERITA PADA KONSEP LARUTAN ASAM-BASA DI SMAN 2 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI JUMI-SEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan sosial emosional siswa dengan menerapkan pendekatan SEL menggunakan metode jigsaw berbasis cerita pada pembelajaran larutan asam basa di SMAN 2 Bekasi. Penelitian dilaksanakan pada dari bulan Januari – Maret 2016. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini terdiri dari analisis pendahuluan melalui wawancara dengan guru pembimbing penelitian untuk mengetahui kompetensi siswa secara umum. Kemudian dilakukan penerapan pendekatan SEL menggunakan metode jigsaw berbasis cerita asam basa untuk menilai kemampuan emosional siswa melalui self assessment, penilaian teman, serta didukung oleh data reflektif jurnal, observasi dan wawancara. Hasil penelitian penerapan pendekatan social emotional learning (SEL) menggunakan metode jigsaw berbasis cerita asama basa di SMAN 2 Bekasi menunjukkan bahwa sebagian siswa XI MIA 5 mampu membentuk kompetesi SEL secara keseluruhan. Hasil ini didasarkan pada hasil self assessment, penilaian teman, serta didukung dengan reflektif jurnal, wawancara dan hasil observasi bahwa lebih dari 50% siswa terbangun kompetensi SEL. Penerapan ini juga memberikan nuansa baru bagi siswa yang mampu memberikan karakter positif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Darsef, M.Si ; 2). Dr. Fera Kurniadewi,M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 May 2020 11:34
Last Modified: 04 May 2020 11:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7496

Actions (login required)

View Item View Item