PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF VERBAL SISWA

KHAIRUNNISA AMALIA, . (2016) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PENGALAMAN PADA MATERI KOLOID TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF VERBAL SISWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Model pembelajaran berbasis pengalaman (experiential learning) adalah suatu model pembelajaran yang mengaktifkan pembelajaran untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan melalui pengalaman secara langsung atau belajar melalui tindakan. Dalam pembelajaran berbasis pengalaman, pengalaman digunakan sebagai katalisator untuk menolong siswa mengembangkan kapasitas dan kemampuannya dalam proses pembelajaran sehingga siswa terbiasa berpikir kreatif verbal siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman pada materi koloid terhadap kemampuan berpikir kreatif verbal siswa. Penelitian dilaksanakan di MAN 3 Jakarta pada bulan april 2013. Metode yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen. Sampel diambil dengan simple random sampling yaitu siswa kelas XI MIA 2 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas kontrol, yang masing-masing terdiri dari 23 siswa. Instrumen yang digunakan adalah berupa tes kemampuan berpikir kreatif verbal siswa dan lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Dari hasil perhitungan didapatkan rata-rata skor tes kemampuan berpikir kreatif verbal siswa pada kelas ekperimen sebesar 64,4 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 42,6087. Uji prasyarat analisis yang digunakan adalah uji normalitas dengan uji Liliefors dan dan uji homogenitas dengan uji F. Berdasarkan hasil perhitungan diperoleh data berdistribusi normal dan homogen. Uji hipotesis dengan uji t diperoleh hasil t hitung > t tabel (22,902049 > 1.68023) pada α = 0,05 yang berarti terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis pengalaman pada materi koloid terhadap kemampuan berpikir kreatif verbal siswa MAN 3 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Erdawati, M.Sc ; 2). Dr. Darsef, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 May 2020 12:02
Last Modified: 04 May 2020 12:02
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7499

Actions (login required)

View Item View Item