STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERINTEGRASI ETNOKIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIA

MARUNI TRIWANA, . (2016) STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERINTEGRASI ETNOKIMIA PADA MATERI HIDROLISIS GARAM DALAM PEMBELAJARAN KIMIA DI KELAS XI MIA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
MARUNI TRIWANA_3315122119.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh masalah bagaimana menerapkan pembelajaran bermakna dalam pembelajaran kimia yang dapat mengintegrasikan latar belakang budaya siswa dalam materi yang diajarkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi model pembelajaran Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnokimia dalam materi pembelajaran hidrolisis garam di kelas XI MIA pada pengembangan sofskill siswa. Penelitian ini dilakukan di kelas XI MIA 2 SMA Negeri 2 Tangerang dengan jumlah subjek penelitian 35 orang dari bulan November 2015 sampai dengan Juni 2016. Metode penelitian yang digunakan yaitu metode kualitatif melalui observasi, wawancara, dan reflektif jurnal. Artikel etnokimia yang digunakan adalah artikel Roti Buaya: Kimia dalam Tradisi Betawi dan Dewi Sri: Dewi Kesuburan di tanah Jawa. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif. Quality standard yang digunakan adalah trustworthiness (kepercayaan) dengan kredibilitas melalui prolonged engagement, progressive subjectivity, dan member checking. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnokimia dapat diterapkan dalam pembelajaran kimia pada materi hidrolisis garam dengan menerapkan lima kategori utama, yaitu content integration, facilitating knowledge construction, prejudice reduction, social justice, dan academic development. Implikasi dari penerapan model Culturally Responsive Teaching terintegrasi etnokimia ini adalah pengembangan softskills siswa berupa kemampuan bekerja sama, bertanggung jawab, rasa ingin tahu, kesadaran sosial, kreatif, empati komunikasi, dan percaya diri. Implikasi lain dari penelitian ini antara lain bertambahnya wawasan (pengetahuan) siswa, membuat siswa menyadari adanya peranan ilmu kimia dalam kehidupan sehari-hari (kimia kontekstual), khususnya dalam kebudayaan mereka sehingga juga berdampak munculnya rasa cinta tanah air (mencintai budaya).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc, Ph.D ; 2). Arif Rahman, M.Sc
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 May 2020 12:44
Last Modified: 04 May 2020 12:44
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7505

Actions (login required)

View Item View Item