PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA

Nina Wardatunnisa, . (2016) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR INTERAKTIF BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL PADA MATERI PERSAMAAN GARIS LURUS KELAS VIII SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (221kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (293kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (164kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (92kB)
[img] Text
Abstrak.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9kB)
[img] Text
Biodata Penulis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (125kB)
[img] Image
Lembar Persetujuan.JPG
Restricted to Repository staff only

Download (938kB)
[img] Image
Surat Pernyataan Keaslian Skripsi.JPG
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
1. Halaman Judul.pdf

Download (14kB)
[img] Text
4. Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (163kB)
[img] Text
5. Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (93kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar interaktif berbasis pendekatan kontekstual pada materi persamaan garis lurus kelas VIII Sekolah Menengah Pertama. Berdasarkan analisis kebutuhan, materi dalam bahan ajar yang dikembangkan adalah persamaan garis lurus menggunakan pendekatan kontekstual. Pendekatan kontekstual terdiri atas tujuh asas yaitu, konstruktivisme (constructivism), inkuiri (inquiry), bertanya (questioning), masyarakat belajar (learning community), memodelan (modelling), refleksi (reflection), dan penilaian nyata (authentic assesment). Ketujuh asas tersebut terdapat pada bagian-bagian di dalam bahan ajar. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development). Prosedur penelitian dan pengembangan ini terdiri dari enam tahap, yaitu analisis kebutuhan, pengembangan produk awal, validasi ahli dan revisi, uji coba perorangan dan revisi, uji coba lapangan skala kecil dan revisi, dan uji coba skala besar dan produk akhir. Berdasarkan hasil validasi ahli materi dan bahasa, diperoleh persentase sebesar 89,40% dengan kategori sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku dan bahan ajar sesuai dengan asas pendekatan kontekstual. Berdasarkan hasil validasi ahli media, diperoleh persentase 82,90% dengan kategori sangat baik. Bahan ajar yang dikembangkan interaktif dan memunculkan motivasi untuk belajar. Berdasarkan hasil uji coba perorangan, diperoleh persentase sebesar 84,70% dengan kategori sangat baik. Persentase yang diperoleh dari uji coba lapangan skala kecil yaitu 88,30% dengan kategori sangat baik. Begitu juga dengan uji coba skala besar, diperoleh kategori sangat baik dengan persentase sebesar 90,50%. Berdasarkan hasil uji coba tersebut, dapat dikatakan bahwa bahan ajar matematika yang dikembangkan memenuhi kelayakan untuk digunakan pada pembelajaran materi persamaan garis lurus kelas VIII Sekolah Menengah Pertama.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Ratnaningsih, M.Si. ; 2). Dra. Sri Sudaryati, M.Pd.,
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 04 May 2020 15:26
Last Modified: 04 May 2020 15:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7518

Actions (login required)

View Item View Item