STUDI TENTANG PENERAPAN BRAIN-BASED LEARNING MELALUI METODE VARIASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MIA SMAN 77 JAKARTA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA

NINDYA FEREZA, . (2016) STUDI TENTANG PENERAPAN BRAIN-BASED LEARNING MELALUI METODE VARIASI TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS XI MIA SMAN 77 JAKARTA PADA MATERI LARUTAN PENYANGGA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Nindya Fereza_Skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan Brain-Based Learning melalui metode variasi terhadap pemahaman konsep siswa kelas XI MIA SMAN 77 Jakarta pada materi larutan penyangga. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Maret-April 2016 menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pembelajaran dilakukan dengan cara mengoptimalkan fungsi kerja otak, melalui tahapan-tahapan pembelajaran Brain-Based Learning yaitu tahap pra-pemaparan, persiapan, inisiasi dan akuisisi, elaborasi, inkubasi dan memasukkan memori, verifikasi dan pengecekkan keyakinan, serta perayaan dan integrasi. Lima unsur yang harus ada dalam Brain-Based Learning yaitu emosional, sosial, kognitif, fisik, dan reflektif dimunculkan pada tiap pertemuannya. Metode variasi mengajar membuat pembelajaran menjadi efektif. Pemberian waktu Break di sela-sela pembelajaran, dan diisi dengan kegiatan Brain Gym atau pun games membuat siswa menjadi semangat dan segar kembali untuk melanjutkan pembelajaran. Pemutaran musik klasik saat belajar maupun diskusi membuat siswa menjadi lebih tenang, fokus, dan rileks dalam mengikuti pembelajaran. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelima unsur dalam Brain-Based Learning dapat dimunculkan; tahapan-tahapan Brain-Based Learning dapat terlaksana dengan baik; siswa merasa lebih rileks, senang, dan semangat dalam belajar; siswa dapat mengingat dengan baik terhadap pengetahuan yang telah diajarkan; keterlaksanaan Brain-Based Learning melalui metode variasi dapat terlaksana dengan baik dan mendapat tanggapan yang positif dari siswa; serta pemahaman konsep siswa dapat terbentuk dengan baik setelah diterapkan Brain-Based Learning. Penerapan Brain-Based Learning melalui metode variasi memberikan pengaruh positif terhadap proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity, M.Si ; 2). Drs. Suhartono, M.Kes
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 04 May 2020 15:59
Last Modified: 04 May 2020 15:59
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7519

Actions (login required)

View Item View Item