PERILAKU BULLYING DAN RELASI JENDER DI KALANGAN SISWA SMA (Studi Kasus: Siswa/i Kelas XI SMA YP IPPI Cakung, Jakarta Timur)

GHEA GISZELLTYA ASOKAMACHERI, . (2015) PERILAKU BULLYING DAN RELASI JENDER DI KALANGAN SISWA SMA (Studi Kasus: Siswa/i Kelas XI SMA YP IPPI Cakung, Jakarta Timur). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (15kB)
[img] Text
daftar isi.pdf

Download (346kB)
[img] Text
Lampiran.pdf

Download (177kB)
[img] Text
RIWAYAT HIDUP.pdf

Download (108kB)
[img] Text
skripsi.pdf

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di SMA YP IPPI Cakung yang berlokasi di Perumahan Aneka Elok, Jalan Raya Penggilingan, Cakung, Jakarta Timur dan beberapa alumni. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui metode observasi, wawancara dan studi dokumen. Jumlah informan dalam penelitian ini sebanyak empat belas orang yang terdiri dari sembilan orang dari kalangan guru dan siswa/i SMA YP IPPI Cakung dan lima orang alumni. Konsep yang digunakan dalam penelitian ini terdiri dari konsep psikologi sosial yakni perspektif Myers mengenai terbentuknya sikap dan perilaku yang dihubungkan dengan konsep relasi jender yakni patriarki dan konsep prestasi belajar. Hasil temuan penelitian menunjukkan bahwa pola represif perilaku bullying cenderung mengarah pada proses koersif. Pola represif perilaku bullying mengarah pada koersif ditunjukkan dengan keterlibatan aktor dan bagaimana awal mula serta gambaran perilaku bullying terjadi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perilaku bullying dengan relasi jender terdapat keterkaitan dalam jenis perilaku bullying langsung yakni kekerasan fisik dan tidak langsung yakni kekerasan verbal atau mengarah pada emosional. Pertama, dalam jender, laki-laki cenderung lebih berpengalaman menjadi pelaku bullying dikarenakan budaya patriarki dalam masyarakat yang menggambarkan laki-laki sebagai pemegang kontrol atau kekuasaan. Kedua, terbentuknya perilaku bullying melibatkan beberapa faktor eksternal salah satunya adalah keterlibatan keluarga dalam membentuk perilaku bullying pada pelaku. Ketiga, prestasi belajar pelaku-korban dalam penelitian ini cenderung tidak memberikan kontribusi sebagai keseriusan dampak perilaku bullying.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Robertus Robet, MA ; 2). Dr. Ikhlasiah Dalimoenthe, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Sosiologi
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sosiologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Oct 2019 11:48
Last Modified: 29 Oct 2019 11:48
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/753

Actions (login required)

View Item View Item