UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN KOLOID DI KELAS XI MIA 3 SMAN 54 JAKARTA

Novi Ayuningtiyas, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MELALUI STRATEGI PEMBELAJARAN PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW (PQ4R) DALAM PEMBELAJARAN KOLOID DI KELAS XI MIA 3 SMAN 54 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (861kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar kimia siswa kelas XI MIA 3 pada materi koloid melalui strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R). Penelitian ini dilakukan pada Maret sampai Mei 2016 di SMA Negeri 54 Jakarta. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI MIA 3. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Indikator yang digunakan untuk mengetahui motivasi belajar siswa antara lain perhatian siswa dalam proses pembelajaran, rasa ingin tahu siswa dalam proses pembelajaran, keaktifan siswa dalam proses pembelajaran, tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran, interaksi antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa dalam proses pembelajaran, serta minat belajar siswa dalam proses pembelajaran. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar kuesioner motivasi belajar siswa, catatan lapangan dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) dapat meningkatkan motivasi belajar siswa. Pada siklus I hanya indikator perhatian siswa dalam proses pembelajaran dan tanggung jawab siswa dalam proses pembelajaran yang sudah tercapai dengan baik. Pada siklus II keenam indikator telah tercapai dengan baik. Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) merupakan strategi pembelajaran yang menekankan pada peningkatkan pemahaman siswa terhadap teks bacaan juga keterlibatan siswa selama proses pembelajaran sebagai pusat dari pembelajaran (student centre). Strategi Preview, Question, Read, Reflect, Recite, dan Review (PQ4R) memberikan kesempatan kepada siswa untuk aktif selama kegiatan pembelajaran, menstimulus siswa untuk inisiatif, dan menumbuhkan rasa percaya diri kepada siswa akan kemampuan diri sendiri.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Tritiyatma H., M.Si. ; 2). Dr. Afrizal, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 May 2020 10:56
Last Modified: 05 May 2020 10:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7535

Actions (login required)

View Item View Item