ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MELALUI LIFE CYCLE THINKING PROJECT

RENI OKTAVIA KURNIASARI, . (2016) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI SAINS SISWA DALAM PEMBELAJARAN KIMIA LARUTAN ELEKTROLIT DAN NONELEKTROLIT MELALUI LIFE CYCLE THINKING PROJECT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi-Reni-Oktavia-Kurniasari-3315120241.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi sains siswa dalam pembelajaran kimia larutan elektrolit dan nonelektrolit melalui Life Cycle Thinking Project. Penelitian ini dilakukan pada semester genap tahun ajaran 2016 di SMAN 98 Jakarta. Adapun yang menjadi subjek penelitian adalah siswa kelas X MIA 5 sebanyak 35 siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif desktriptif. Sebelum melakukan penelitian, dilakukan analisis pendahuluan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa sebelum menggunakan Life Cycle Thinking Project. Literasi sains yang diukur meliputi kompetensi literasi sains, level literasi sains dan aspek. Sedangkan instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah lembar tes literasi sains, lembar pedoman wawancara guru dan siswa, lembar obervasi diskusi, lembar penilaian projek life cycle. Hasil analisis menunjukan bahwa dengan menggunakan pendekatan Life Cycle Thinking Project semua aspek literasi sains mengalami perkembangan kemampuan literasi sains dan siswa sebanyak lebih dari 50% telah mencapai level 3 sampai level 6 dalam kemampuan literasi sains.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Erdawati M.Sc, Ph.D ; 2). Irma Ratna K., M.Sc, Tech.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 05 May 2020 14:58
Last Modified: 05 May 2020 14:58
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7549

Actions (login required)

View Item View Item