PENGARUH PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA

RURY NABIA, . (2016) PENGARUH PENERAPAN BRAIN BASED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI ASAM BASA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3315126604 - RURY NABIA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa. Penelitian dilakukan pada Januari 2016 di SMAN 1 Setu Bekasi pada semester 2 tahun ajaran 2015/2016 dengan menggunakan metode Quasi Experiment, Posttest Only Control Design. Sampel penelitian yang digunakan adalah siswa kelas XI MIA 1 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI MIA 2 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing 47 siswa. Pengambilan sampel dilakukan dengan Purposive Sampling. Kelas eksperimen diberi perlakuan dengan Brain Based Learning sedangkan kelas kontrol diberi perlakuan dengan Inquiry Learning. Uji Normalitas kelas kontrol dan kelas eksperimen diperoleh data sampel berdistribusi normal dan uji Homogenitas diperoleh data kedua kelompok sampel mempunyai varian yang sama atau homogen. Hasil uji t yaitu uji beda dua sampel independen, diperoleh harga ttabel pada taraf signifikansi 5% dengan derajat kebebasan 92 adalah sebesar 1,66 sedangkan harga thitung sebesar 37,15. Harga thitung>ttabel sehingga thitung signifikan menolak H0 dan menerima hipotesis penelitian. Kesimpulan penelitian ini adalah terdapat pengaruh positif penerapan Brain Based Learning terhadap hasil belajar siswa pada materi asam basa di SMAN 1 Setu Bekasi.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity Mulyono, M.Si ; 2). Drs. Sukro Muhab, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 May 2020 11:33
Last Modified: 06 May 2020 11:33
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7566

Actions (login required)

View Item View Item