PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 30 JAKARTA

Ruslan, . (2016) PENGARUH PENERAPAN STRATEGI METAKOGNITIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN KIMIA DI SMA NEGERI 30 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
skripsi (Ruslan).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar kimia siswa pada materi asam-basa menggunakan strategi metakognitif lebih baik dibandingkan metode konvensional. Penelitian ini dilakukan di SMA Negeri 30 Jakarta dengan metode penelitian true experiment. Sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Sampel penelitian terdiri dari dua kelompok, yaitu siswa kelas XI-MIA 1 yang berjumlah 35 siswa sebagai kelompok eksperimen dan siswa kelas XI-MIA 2 yang berjumlah 36 siswa sebagai kelompok kontrol. Data yang diambil adalah nilai pretest dan posttest yang menggunakan instrumen tes yang sebelumnya telah diuji analisis butir soalnya. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata hasil posttest kelompok eksperimen dan kelompok kontrol sebesar 79,4 dan 75,5. Pengujian hipotesis dilakukan dengan menggunakan uji beda dua sampel independen. Dalam penelitian ini, diperoleh thitung sebesar 2,62. Nilai ttabel untuk kelompok sampel dengan dk = 69 pada taraf signifikansi 5% adalah 1,67. Dengan demikian thitung (2,62) lebih besar dari ttabel (1,67). Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada penerapan pembelajaran dengan strategi metakognitif terhadap hasil belajar kimia siswa pada materi asam-basa.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra Tritiyatma, M.Si ; 2). Drs. Zulhipri, M.Si.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 May 2020 11:43
Last Modified: 06 May 2020 11:43
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7567

Actions (login required)

View Item View Item