PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM KUBUS DAN BALOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 121 JAKARTA

SEPTIARINI DWI NURSHANTI, . (2016) PENERAPAN PENDEKATAN PMRI DENGAN MODEL PEMBELAJARAN STAD PADA PEMBELAJARAN LUAS PERMUKAAN DAN VOLUM KUBUS DAN BALOK UNTUK MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DI KELAS VIII SMP NEGERI 121 JAKARTA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3136149154.SEPTIARINI.S2 PEND MATH.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Geometri merupakan salah satu cabang dari matematika. Mempelajari geometri sangat berguna bagi ilmu pengetahuan lain seperti Seni, Biologi, Fisika dan ilmu-ilmu teknik. Siswa kelas IX di SMP Negeri 121 Jakarta masih menemui kesulitan memahami beberapa materi geometri seperti pada pembelajaran luas permukaan dan volum kubus dan balok khususnya pada soal pemecahan masalah. Siswa belum terbiasa dalam mengerjakan dan menuliskan tahap-tahap penyelesaian soal pemecahan masalah. Kemampuan pemecahan masalah merupakan salah satu kemampuan penting yang harus dimiliki siswa. Penelitian ini menggunakan metode Design Research yang terdiri dari tiga fase yaitu persiapan, eksperimen mengajar, dan analisis restrospektif. Penelitian ini terdiri dari 18 aktivitas yang dilakukan dalam 6 pertemuan. Konteks yang digunakan adalah kotak souvenir yang berbentuk kubus dan balok. Analisis retrospektif menunjukkan bahwa penerapan PMRI dengan model pembelajaran STAD sangat cocok diterapkan pada pembelajaran luas permukaan dan volum kubus dan balok. Penggunaan konteks, proses matematisasi, serta peran aktif siswa dan guru dapat mengembangkan kemampuan siswa terhadap pemecahan masalah matematis, dengan konteks sebagai sarana dan alat belajar mulai dari model of kemudian berubah menjadi model for. Hasil penelitian ini terbukti dengan siswa terlatih dalam mengerjakan soal pemecahan masalah yang disertai tahapan penyelesaiannya.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Anton Noornia, M.Pd, ; 2). Dr. Pinta Deniyanti Sampoerno, M.Si
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 May 2020 12:23
Last Modified: 06 May 2020 12:23
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7570

Actions (login required)

View Item View Item