ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI ASAM BASA Di SMA Negeri 12 Jakarta

SUCIASTI DAMARIATI, . (2016) ANALISIS SOFT SKILLS SISWA DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD PADA MATERI ASAM BASA Di SMA Negeri 12 Jakarta. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI_SUCI SUNDARI_3125092169.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Scan_20160809 (12).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soft skills siswa yang dapat muncul saat menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi asam dan basa. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI MIA 1 SMA Negeri 12 Jakarta sebanyak 32 orang. Penelitian dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2015/2016. Metode penelitian yang digunakan adalah analisis deskriptif. Soft skills yang muncul dianalisis dengan menggunakan instrumen Constructivist Learning Environment Survey (CLES). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa soft skills siswa dapat terbentuk setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada materi asam basa. Soft skills tersebut adalah personal learning, communication skills dan critical thingking, planning skills, dan negotiation skills. Dari hasil analisis, negotiation skills merupakan soft skills dengan pencapaian tertinggi sebesar 70%. Kemudian diikuti dengan nilai presentase pencapaian personal learning sebesar 59%, communication skills dan critical thingking sebesar 48%, dan planning skills sebesar 45%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Nurbaity, M.Si ; 2). Dr. Afrizal, M.Si
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 06 May 2020 15:13
Last Modified: 06 May 2020 15:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7576

Actions (login required)

View Item View Item