STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERINTEGRASI DENGAN ETNOKIMIA PADA MATERI GUGUS FUNGSI SENYAWA KARBON DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XII

TRI ISTIA HANDAYANI, . (2016) STUDI TENTANG PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CULTURALLY RESPONSIVE TEACHING TERINTEGRASI DENGAN ETNOKIMIA PADA MATERI GUGUS FUNGSI SENYAWA KARBON DALAM PEMBELAJARAN KIMIA KELAS XII. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Other
SKRIPSI_TRI_ISTIA_HANDAYANI_3312122118.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan dan implikasi model pembelajaran Culturally Responsive Teaching terintegrasi dengan etnokimia terhadap softskill siswa dalam pembelajaran kimia pada materi gugus fungsi senyawa karbon. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 2 Kota Tangerang pada semester genap pada tahun ajaran 2015/2016. Penelitian ini berfokus kepada (i) Penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Teaching dalam pembelajaran kimia pada materi gugus fungsi senyawa karbon dan (ii) Implikasi model pembelajaran Culturally Responsive Teaching yang diterapkan pada materi gugus fungsi senyawa karbon khususnya terhadap perkembangan softskill siswa. Artikel etnokimia yang digunakan yaitu bir pletok, balimau, cuka aren, dan tapai ketan. Metode pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan reflektif jurnal. Implikasi yang ditemukan dalam penelitian ini antara lain kerja sama, empati komunikasi, sikap bertanggung jawab, rasa percaya diri, toleransi, kreativitas, motivasi, rasa ingin tahu, cinta budaya, religius, berpikir kritis, kemampuan bersosialisasi, pengendalian diri, dan kimia kontekstual. Penerapan model pembelajaran Culturally Responsive Teaching perlu dilakukan beberapa persiapan diantaranya: pelatihan bagi guru, siswa, efesiensi waktu penerapan dalam pembelajaran, dan materi yang digunakan dalam pembelajaran. Dengan demikian model pembelajaran Culturally Responsive Teaching pada materi gugus fungsi senyawa karbon dapat dijadikan sebagai bahan ajar di sekolah menengah atas kelas XII semester 2.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Yuli Rahmawati, M.Sc, Ph.D ; 2). Arif Rahman, M.Sc.
Subjects: Sains > Kimia
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Kimia
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 08 May 2020 12:19
Last Modified: 08 May 2020 12:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7587

Actions (login required)

View Item View Item