UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SIKLUS BELAJAR 7E PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT KELAS VII-B SMP NEGERI 228 JAKARTA

ULFI USWATIN FADHILAH, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN SIKLUS BELAJAR 7E PADA POKOK BAHASAN SEGI EMPAT KELAS VII-B SMP NEGERI 228 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (348kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (478kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (155kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (441kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (91kB)
[img] Text
ABSTRAK (INDONESIA ).pdf
Restricted to Repository staff only

Download (82kB)
[img] Text
BIODATA PENULIS.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (150kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (141kB)
[img] Text
PERSETUJUAN PANITIA UJIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (118kB)

Abstract

Pemahaman konsep matematika merupakan salah satu aspek dasar yang penting untuk dimiliki siswa. Berdasarkan observasi dan informasi dari guru siswa masih kesulitan dalam memahami konsep matematika, siswa cenderung menghafal rumus tanpa memahami penerapannya dalam penyelesaian masalah. Hal ini karena siswa tidak dilibatkan secara aktif dalam menemukan konsep matematika. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B SMP Negeri 228 Jakarta dengan menggunakan siklus belajar 7E. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Kegiatan awal berupa observasi dan menyebarkan soal tes penelitian pendahuluan. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian tindakan sebanyak tiga siklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen tes yang digunakan berupa lembar observasi, tes kemampuan awal, tes akhir siklus, catatan lapangan, alat dokumentasi, dan pedoman wawancara. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, terjadi peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VII-B. Hal tersebut dapat dilihat melalui hasil tes keenam subjek penelitian. Pada siklus I, nilai SP1 70, nilai SP2 60, nilai SP3 70, nilai SP4 75, nilai SP5 60, dan nilai SP6 75. Pada siklus II, nilai SP1 80, nilai SP2 85, nilai SP3 75, nilai SP4 75, nilai SP5 65, dan nilai SP6 75. Selanjutnya pada siklus III, nilai SP1 sebesar 90, nilai SP2 90, nilai SP3 80, nilai SP4 80, nilai SP5 70, dan nilai SP6 yaitu 85.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 08 May 2020 12:53
Last Modified: 08 May 2020 12:53
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7588

Actions (login required)

View Item View Item