PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS III SD KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR

AULIA KUSUMAWATI, . (2016) PENGARUH PENDEKATAN RME (REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION) TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA SISWA KELAS III SD KECAMATAN BOGOR UTARA KOTA BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (16kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN - DAFTAR ISI, DAFTAR LAMPIRAN, DAFTAR TABEL.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
3. BAB I.pdf

Download (179kB)
[img] Text
4. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (322kB)
[img] Text
5. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (362kB)
[img] Text
6. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (664kB)
[img] Text
7. BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (172kB)
[img] Text
9. RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD. Penelitian dilaksanakan di SDN Ciluar 2, Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Ciluar 2, Kecamatan Bogor Utara Kota Bogor. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen tes uraian. Intrumen tersebut kemudian diuji normalitas dan homogenitas sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisis hipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung = 3,26 dengan dk = 70, sedangkan harga ttabel pada taraf signifikansi (α) = 0,05 dengan dk = 70 adalah sebesar 1,66. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh bahwa thitung lebih besar daripada ttabel (3,26 > 1,66), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Hal ini dapat dinyatakan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan pada penggunaan pendekatan RME (Realistic Mathematics Education) terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan kemampuan pemecahan masalah siswa kelas III SD.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M. Pd, ; 2). Dra. Iva Sarifah, M. Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 13 May 2020 16:38
Last Modified: 13 May 2020 16:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7667

Actions (login required)

View Item View Item