UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PAPUA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) DI STKIP SURYA

ADELIA PRAMARISTA, . (2015) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEPTUAL DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIS MAHASISWA PAPUA MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN KOOPERATIF FORMULATE-SHARE-LISTEN-CREATE (FSLC) DI STKIP SURYA. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
3136139233_ADELIA PRAMARISTA.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan strategi pembelajaran kooperatif FSLC dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan komunikasi matematis mahasiswa Papua. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Papua. Kedua hal tersebut merupakan hal yang perlu dimiliki oleh mahasiswa. Subjek penelitian ini adalah 6 mahasiswa Papua di salah satu kelas matrikulasi Matematika semester dua STKIP Surya tahun ajaran 2014-2015 dengan dua orang mahasiswa berkemampuan akademik tinggi, dua orang mahasiswa berkemampuan akademik sedang dan dua orang mahasiswa berkemampuan akademik rendah. Penelitian ini merupakan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan model Kemmis dan Mc Taggart dengan pemberian tes kemampuan akhir pada setiap akhir siklusnya. Penelitian tindakan dilakukan dalam 3 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 pertemuan. Teknik pengambilan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah wawancara semi terstruktur, observasi, tes tertulis, dokumen aktivitas pembelajaran serta hasil kerja mahasiswa. Proses analisis data dimulai dengan mengkaji seluruh data yang didapat selama penelitian berlangsung. Data penelitian dianalisis dengan melalui tahap reduksi data, display data dan penarikan kesimpulan. Validasi data dilakukan dengan menggunakan triangulasi, member checking, dan peer examination. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan strategi pembelajaran kooperatif FSLC dapat meningkatkan pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa Papua. Pelaksanaan tindakan telah memenuhi indikator keberhasilan tindakan. Hasil pekerjaan mahasiswa menunjukkan bahwa pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis mahasiswa telah meningkat dengan cukup baik selama proses pembelajaran berlangsung. Peningkatan pemahaman konseptual dan kemampuan komunikasi matematis dapat dilihat dari meningkatnya hasil tes kemampuan akhir pada setiap siklus serta intensitas kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa selama kegiatan diskusi.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: Dr. Pinta Deniyanti, M.Si ; Dr. Lukman El Hakim, M.Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Matematika
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 29 Oct 2019 15:06
Last Modified: 29 Oct 2019 15:06
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/768

Actions (login required)

View Item View Item