DELA NOVIANI, . (2016) PERAN KEPALA SEKOLAH DALAM SUPERVISI PENGAJARAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS ISLAM PANGLIMA BESAR SOEDIRMAN 2 BEKASI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf Download (18kB) |
|
Text
2. LEMBAR PERSETUJUAN AKHIR PEMBIMBING & PENGESAHAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
3. ABSTRAK & ABSTRACT.pdf Download (205kB) |
|
Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf Restricted to Repository staff only Download (15MB) |
|
Text
5. LEMBAR KATA PENGANTAR.pdf Restricted to Repository staff only Download (129kB) |
|
Text
7. DAFTAR ISI & DAFTAR LAMPIRAN.pdf Restricted to Repository staff only Download (102kB) |
|
Text
8. BAB I FIX.pdf Download (154kB) |
|
Text
9. BAB II FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (267kB) |
|
Text
10. BAB III FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (173kB) |
|
Text
11. BAB IV FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (840kB) |
|
Text
12. BAB V FIX.pdf Restricted to Repository staff only Download (93kB) |
|
Text
13. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (144kB) |
|
Text
14. DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf Restricted to Repository staff only Download (104kB) |
Abstract
Penelitian yang berjudul Peran Kepala Sekolah Dalam Supervisi Pengajaran di SMA Islam Panglima Besar Soedirman 2 Bekasi bertujuan untuk mengetahui dan memperoleh gambaran mengenai evaluasi kinerja guru, strategi pemecahan masalah mengajar, serta pembinaan perbaikan mengajar guru. Penelitian dilakukan pada bulan Februari 2016 hingga Mei 2016 menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskripsi. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan melalui tahapan reduksi data, display data, dan verifikasi data. Pemeriksaan dan pengecekan keabsahan data dilakukan melalui tahapan kredibilitas data, transferabilitas, dependabilitas dan konformabilitas. Berdasarkan hasil penelitian, evaluasi kinerja dalam mendiagnosis masalah guru dilakukan oleh kepala sekolah dan para wakil kepala sekolah secara kontinyu. Dilaksanakan setiap tahun pada pertengahan semester satu. Evaluasi kinerja diawali dengan sosialisasi jadwal supervisi kepada guru sekaligus menyepakati aspek dan komponen penilaian, pra observasi kelas, pass observasi kelas, questionnaire berupa penilaian proses pembelajaran oleh siswa. Mekanisme selanjutnya adalah kepala sekolah berperan sebagai advisor atau pemberi saran alternatif pemecahan masalah bagi guru. Rekomendasi program yang ditawarkan antara lain melaksanakan pelatihan sesuai dengan prioritas perbaikan masing-masing guru. Berdasarkan strategi pemecahan masalah mengajar dilakukan pembinaan perbaikan mengajar oleh kepala sekolah. Program pembinaan yang ditawarkan seperti rapat kerja, In Service Training, pelatihan tingkat kabupaten dan provinsi, MGMP tingkat kabupaten, serta Pendampingan In on In dilakukan agar guru dapat mengaktualisasi dirinya. Saran yang dapat diberikan untuk penelitian ini sebaiknya kepala sekolah dapat mempertahankan kualitas dan kuantitas pelaksanaan supervisi pengajaran secara kontinyu. Pemantauan setelah pembinaan harus lebih efektif dijalankan.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Nurhattati Fuad, M.Pd ; 2). Dr. Matin, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar |
Divisions: | FIP > S1 Manajemen Pendidikan |
Depositing User: | Users 29 not found. |
Date Deposited: | 19 May 2020 10:38 |
Last Modified: | 19 May 2020 10:38 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7691 |
Actions (login required)
View Item |