UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal (RA) Darul Ulum, Jakarta Selatan)

DIAN MUSTIKASARI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN PERILAKU PROSOSIAL ANAK USIA 5-6 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERMAIN PERAN (ROLE PLAYING)(Penelitian Tindakan Kelas di Raudhatul Athfal (RA) Darul Ulum, Jakarta Selatan). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (193kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (181kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (357kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (640kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (798kB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (103kB)
[img] Text
Daftar Isi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (166kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (203kB)
[img] Text
Daftar Riwayat Hidup.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (85kB)
[img] Text
Kata Pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (187kB)
[img] Other
PERSETUJUAN PANITIA SIDANG SKRIPSI.jpg.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)
[img] Other
SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.jpg.PDF
Restricted to Repository staff only

Download (157kB)
[img] Text
Cover.pdf

Download (12kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan perilaku prososial anak usia 5-6 tahun di Raudhatul Athfal (RA) Darul Ulum, Jakarta Selatan melalui kegiatan bermain peran. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Januari 2015 – Januari 2016. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing), dan refleksi (reflecting). Subjek penelitian adalah kelompok B Raudhatul Athfal (RA) Darul Ulum, Jakarta Selatan yang perilaku prososialnya masih rendah dengan jumlah 9 anak. Presentase keberhasilan yang disepakati peneliti dan kolabulator adalah 70%. Hasil analisis data pada praintervensi didapat presentase sebesar 39%. Setelah diberikan tindakan, presentase meningkat mencapai 61%. Data yang diperoleh pada siklus I belum mencapai target, maka peneliti melakukan tindakan pada siklus II. Presentase yang diperoleh pada siklus II meningkat menjadi 82%. Hal ini berarti dari praintervensi sampai siklus II memiliki kenaikan 32%. Berdasarkan keberhasilan presentase yang telah diperoleh, maka hipotesis tindakan dalam penelitian ini terbukti. Adapun temuan secara kualitatif diperoleh bahwa perilaku prososial anak usia dini dapat meningkat dengan membangun motivasi, pemberian apersepsi dan pembiasaan, sehingga kesadaran sosial anak berkembang.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Dr. Sri Martini Meilanie, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 28 May 2020 15:57
Last Modified: 28 May 2020 15:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7709

Actions (login required)

View Item View Item