PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN HEURISTIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA

SUDARMAN, . (2019) PENGARUH PENDEKATAN PEMBELAJARAN DAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI DALAM MATEMATIKA TERHADAP KEMAMPUAN MENERAPKAN HEURISTIK MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN MATEMATIKA. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (863kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (246kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf
Restricted to Registered users only

Download (516kB) | Request a copy
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendekatan pembelajaran dan kemampuan komunikasi dalam matematika terhadap kemampuan heuristik mahasiswa Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Metro, Lampung. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan disain faktorial 2x2 by level yang menganalisis pendekatan pembelajaran proses atensi dan pendekatan pembelajaran konvensional sebagai variabel bebas, dan kemampuan komunikasi dalam matematika yang terdiri dari tinggi dan rendah sebagai variabel moderator, serta kemampuan heuristik sebagai variabel terikat. Analisis data meggunakan statistika inferensial yang disesuaikan dengan metode, dan hipotesis penelitian. Analisis data diawali dengan menguji persyaratan analisis yang diperlukan sebagai dasar dalam pengujian hipotesis, yaitu; uji normalitas data dan uji homogenitas varians baik terhadap bagian-bagiannya maupun secara keseluruhan. Selanjutnya, dilakukan uji ANAVA dua jalur, dan dilanjutkan dengan uji Tukey. Kesimpulan penelitian ini: (1) Kemampuan heuristik mahasiswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran berbasis proses atensi lebih tinggi dari kemampuan heuristik mahasiswa yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional, (2) Terdapat pengaruh interaksi antara pendekatan pembelajaran dan kemampuan komunikasi dalam matematika terhadap kemampuan heuristik mahasiswa, (3) Kemampuan heuristik mahasiswa yang menggunakan pendekatan pembelajaan berbasis proses atensi lebih tinggi dari kemampuan heuristik yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki kemampuan komunikasi dalam matematika tinggi, (4) Kemampuan heuristik mahasiswa yang menggunakan pendekatan pembelajaan berbasis proses atensi sama dengan kemampuan heuristik yang menggunakan pendekatan pembelajaran konvensional pada mahasiswa yang memiliki kemampuan dalam komunikasi matematika rendah. Kata kunci: Kemampuan Menerapkan Heuristik, Pendekatan Pembelajaran, Kemampuan Komunikasi Dalam Matematika Abstract The purpose of this study was to determine the effect of instructional approaches and communication skills in mathematics on the heuristic abilities of students of the mathematics Education Faculty of the Teaching and Education Faculty of Muhammadiyah Metro University, Lampung. This research is an experimental research with 2x2 factorial design which presents two instructional approaches, namely; Attention process-based instructional approaches and conventional instructional approaches as independent variables, communication skills in mathematics consisting of high and low as moderator variables, and heuristic abilities as dependent variables. Data analysis uses inferential statistics that are adjusted to the method, and the research hypothesis. Data analysis begins by testing the statistical requirements needed as a basis for testing hypotheses, namely; data normality test and variance homogeneity test both for parts and as a whole. Next, a two-way ANAVA test was carried out, followed by the Tukey test. The results of the study: (1) Heuristic abilities of students who use attentional process-based instructional approaches are higher than the heuristic abilities of students using conventional instructional approaches, (2) There is an interaction effect between instructional approaches and mathematical communication skills on students' heuristic abilities, (3) Ability heuristic students who use attentional-based instructional approaches are higher than heuristic abilities who use conventional instructional approaches to students who have high mathematical communication skills, (4) Heuristic abilities of students who use attentional process-based instructional approaches are similar to heuristic abilities using conventional instructional approaches in students who have low mathematical communication skills. Keywords: Ability to Implement Heuristics, Instructional Aproaches, Communication Ability in Mathematics

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Zulfiati Syahrial, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Hartati Muchtar, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Sudarman .
Date Deposited: 09 Jun 2020 16:24
Last Modified: 09 Jun 2020 16:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7711

Actions (login required)

View Item View Item