UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERNYANYI(Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Tunas Ceria, Kelurahan Cilangkap Kecamatan Tapos Kota Depok)

DWI RATNA SARI, . (2016) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERBICARA ANAK USIA 4-5 TAHUN MELALUI KEGIATAN BERNYANYI(Penelitian Tindakan Kelas di PAUD Tunas Ceria, Kelurahan Cilangkap Kecamatan Tapos Kota Depok). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB I.pdf

Download (254kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (634kB)
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (431kB)
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (102kB)
[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (5kB)
[img] Text
COVER SKRIPSI.pdf

Download (86kB)
[img] Text
DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (99kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (245kB)
[img] Text
LEMBAR PERSEMBAHAN KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (191kB)
[img] Text
DAFTAR RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun dengan memberikan tindakan berupa kegiatan bernyanyi. Subjek dalam penelitian ini adalah anak usia 4-5 tahun Kelompok A di PAUD Tunas Ceria Kelurahan CilangkapKecamatan Tapos Kota Depok. Jumlah subjek yang akan di teliti adalah 7 anak, dari 14 anak yang ada di Kelompok A. Subjek yang diteliti dipilih berdasarkan hasil observasi dilapangan oleh peneliti dan hasil wawancara dengan guru kelas. Metode yang digunakan adalah metode penelitian tindakan kelas. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan catatan lapangan dan dibantu dengan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan bernyanyi dapat dijadikan salah satu upaya dalam meningkatkan kemampuan berbicara anak usia 4-5 tahun. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan setiap anak sehingga dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam tari saman untuk dapat mengembangkan kemampuan yang dimiliki oleh masing-masing anak salah satunya adalah kemampuan berbicara.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurbiana Dhieni, M.Psi ; 2). Dr. Nurjannah, SP.M. Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru PAUD
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 10 Jun 2020 16:34
Last Modified: 10 Jun 2020 16:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7754

Actions (login required)

View Item View Item