MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA KELAS IV SDN CENGKARENG BARAT 10 PAGI

ERVINA RETNO DEWATI, . (2016) MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATEMATIS MELALUI PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) UNTUK SISWA KELAS IV SDN CENGKARENG BARAT 10 PAGI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1 COVER.pdf

Download (163kB)
[img] Text
2 HALAMAN PERSETUJUAN SIDANG SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6kB)
[img] Text
3 SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (129kB)
[img] Text
4 ABSTRAK.pdf

Download (84kB)
[img] Text
6 Kata pengantar.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (73kB)
[img] Text
12 BAB I revisi 1.pdf

Download (172kB)
[img] Text
7-11 DAFTAR ISI, DAFTAR TABEL, GAMBAR, GRAFIK, LAMPIRAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (131kB)
[img] Text
13 BAB II revisi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
14 BAB III revisi 1.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (224kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman matematis siswamelalui Pendidikan Matematika Realistik Indonesia padasiswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan pada bulan April-Mei dengan subjek penelitian adalah42 siswa kelas IV SDN Cengkareng Barat 10Pagi,Cengkareng,Jakarta Barat. Desain tindakan yang digunakan adalahmodelArikuntoyang dalam satu siklusnya terdiri dariperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Instrumen data yang digunakan adalah tes, non tes, dan catatan lapangan. Hasil penelitian yang diperoleh sebagai berikut: pemahaman matematis siswa dalam operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat mengalami peningkatan darisiklus I 61,9%menjadi85,71%pada siklus II. Adapun persentase data pemantau tindakan guru dan siswa darisiklus Iyangberjumlah80%dan 75% juga meningkat padasiklus II menjadi 100% dan 90%. Implikasi dari hasil penelitian ini adalah jika Pendidikan Matematika Realistik Indonesia dilaksanakan dengan baik, maka akan meningkatkan pemahaman matematis siswa kelas IV SDN Cengkareng Barat 10Pagi, Cengkareng,JakartaBarat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M. Pd ; 2). Drs. Julius Sagita, M. Pd
Subjects: Sains > Matematika
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 11 Jun 2020 15:49
Last Modified: 11 Jun 2020 15:49
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7765

Actions (login required)

View Item View Item