PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA

ERYENI ISMAYU, . (2020) PENGARUH PEMBELAJARAN KOLABORATIF DENGAN BERBANTUAN WORKSHEET TERHADAP HASIL BELAJAR FISIKA PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. Cover-1.pdf

Download (4MB)
[img] Text
2. Bab 1.pdf

Download (404kB)
[img] Text
3. Daftar Pustaka.pdf

Download (507kB)
[img] Text
4. Lampiran.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pembelajaran kolaboratif dengan berbantuan worksheet terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif komparatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian yang digunakan adalah Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design pada kedua kelas penelitian. Populasi yang dipakai adalah seluruh peserta didik di SMAN 100 Jakarta dengan sampel kelas X MIPA 2 sebagai kelas eksperimen dan X MIPA 3 sebagai kelas kontrol.Subjek dipilih secara random yang sebelumnya dilakukan uji homogenitas. Kelas eksperimen diajarkan dengan pembelajaran kolaboratif berbantuan worksheet sedangkan kelas kontrol diajarkan menggunakan metode ceramah. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kelas eksperimen dan kelas kontrol memiliki nilai tes yang terdistribusi normal dan memiliki varians yang homogen. Hasil akhir diperoleh thitung > ttabel yaitu 6,63 > 1,67 maka Ho ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran kolaboratif berbantuan worksheet berpengaruh terhadap hasil belajar fisika peserta didik kelas X SMAN 100 Jakarta. *********** This study aims to determine the effect of collaborative learning by assisting worksheets on physics learning outcomes of grade X high school students. This research uses a comparative quantitative approach with an experimental method. The research design used was Nonrandomized Pretest-Posttest Control Group Design in both classes of research. The population used was all students at SMAN 100 Jakarta with a sample of class X MIPA 2 as an experimental class and X MIPA 3 as a control class. Subjects were chosen randomly before homogeneity testing was done. Experimental classes are taught with collaborative learning assisted by worksheets while control classes are taught using the lecture method. The results of data analysis showed that the experimental class and the control class had normal distributed test scores and had homogeneous variances. The final result is tcount > ttable which is 6.63 > 1.67 then Ho is rejected. It can be concluded that collaborative learning assisted by a worksheet influences the physics learning outcomes of class X students of SMAN 100 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. I Made Astra, M,Si. ; 2). Dr. Anggara Budi Susila, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Sains > Fisika
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Fisika
Depositing User: Users 726 not found.
Date Deposited: 12 Jun 2020 11:11
Last Modified: 12 Jun 2020 11:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7776

Actions (login required)

View Item View Item