Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan

KARTIKA, . (2020) Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (392kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (204kB) | Request a copy
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (417kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (973kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB I.pdf

Download (822kB)

Abstract

KARTIKA. Efforts to Improve Student’s Mathematical Concept Abilities through Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Learning Strategies in Pythagoras Theorem in Class VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan. Under Supervised by Swida Purwanto, Lukman El Hakim. This research is a Classroom Action Research which aims to improve student’s mathematical concept abilities trough Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) Learning Strategies in class VIII Ar-Rohim of SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan. The subject in this study was class VIII Ar-Rohim which consisting of 24 students with 6 students as subject of research in Pythagoras Theorem. This research was carried out in 3 cycles. Each cycle includes the stages of planning, implementation, analysis, and reflection. To obtain data on student’s mathematical concept abilities using test of mathematical concept abilities. Classical research subject completeness for mathematical concept abilities in the good category in cycle III has reached 70,83% and the excellent category reached 17% so it can be concluded that the application of REACT learning strategy can improve mathematical concept abilities of VIII Ar-Rohim grade students of SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan in Pythagoras Theorem. Keywords: REACT Learning Strategy, Mathematical Concept, Pythagoras KARTIKA. Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Melalui Strategi Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring (REACT) pada Materi Teorema Pythagoras di Kelas VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan. Di bawah bimbingan Swida Purwanto, Lukman El Hakim. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa melalui strategi Relating Experiencing Applying, Cooperating, Transferring (REACT) di Kelas VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan. Penelitian ini dilakukan kepada 24 siswa dengan memilih 6 siswa sebagai subjek penelitian dengan materi pembelajaran Teorema Pythagoras. Penelitian ini dilaksanakan dalam 3 siklus. Setiap siklus meliputi tahapan perencanaan, pelaksanaan, analisis, dan refleksi. Untuk memperoleh data kemampuan pemahaman konsep matematika siswa menggunakan tes kemampuan pemahaman konsep. Analisis data dilakukan dengan mendeskripsikan data kuantitatif dan kualitatif yang diperoleh selama proses tindakan pembelajaran. Data tersebut diperoleh dari instrumen penelitian yaitu tes akhir kemampuan pemahaman konsep setiap akhir siklus, lembar observasi, catatan lapangan dan dokumentasi. Penelitian ini menunjukkan hasil kemampuan pemahaman konsep matematika siswa dapat meningkat melalui penerapan strategi Relating Experiencing Applying, Cooperating, Transferring (REACT). Peningkatan terlihat dari peningkatan setiap SP, nilai rata-rata tes akhir kemampuan pemahaman konsep matematika siswa yang masuk dalam kategori baik, dan jumlah siswa yang meraih kategori baik. Ketuntasan klasikan subjek penelitian untuk kemampuan pemahaman konsep matematika dalam kategori baik pada siklus III mencapai 70,83 % dan kategori sangat baik mencapai 17% sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi REACT dapat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII Ar-Rohim SMPIT Ash-Shiddiqiyyah Tangerang Selatan pada materi teorema Pythagoras. Kata Kunci: Strategi Pembelajaran REACT, Pemahaman Konsep Matematika, Pythagoras

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1.) Drs. Swida Purwanto, M.Pd 2.) Dr. Lukman El Hakim, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FMIPA > S1 Pendidikan Matematika
Depositing User: Users 911 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2020 12:09
Last Modified: 15 Jun 2020 12:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7793

Actions (login required)

View Item View Item