PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR

AFRIDA, . (2016) PENINGKATAN PERILAKU PROSOSIAL MELALUI PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN (PKn) BERBASIS PEMBELAJARAN TEMATIK DI KELAS III SDN RAWAMANGUN 09 PAGI JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan perilaku prososial melalui pembelajaran tematik. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur. Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan menggunakan siklus Kemmis Mc. Taggart. Teknik pengambilan data melalui pengamatan/observasi dan melakukan wawancara, serta pengumpulan data dengan menggunakan dokumentasi/foto yang diambil pada saat proses belajar mengajar Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah adanya peningkatan perilaku prososial dalam Pendidikan Kewarganegaraan dengan menggunakan pembelajaran tematik. Presentase perilaku prososial pada siklus I adalah 66,66%, dan persentase pada siklus II mencapai 88,889%. Hasil dari data yang dikumpulkan menunjukkan bahwa kegiatan pembelajaran PKn dengan menggunakan pembelajaran tematik dapat meningkatkan perilaku prososial siswa. Dibuktikan pada lembar pengamatan aktivitas guru siklus I dengan presentase 62%, siklus II dengan presentase 90%. Lembar pengamatan aktivitas siswa siklus I dengan presentase 52% siklus II dengan presentase 87% . Penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran tematik dalam pendidikan kewarganegaraan dapat meningkatkan perilaku prososial siswa kelas III SDN Rawamangun 09 Pagi Jakarta Timur.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nina Nurhasanah, M.Pd.,; 2). Dra. Evita Adnan M.Psi,
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: hartati tati
Date Deposited: 29 Oct 2019 15:34
Last Modified: 29 Oct 2019 15:34
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/780

Actions (login required)

View Item View Item