PERBANDINGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEINGANTARA MAHASISWA PENGHAFAL QUR’AN DENGAN MAHASISWA BUKAN PENGHAFAL QUR’AN

HAFSAH MARDHOTILLAH, . (2016) PERBANDINGAN PSYCHOLOGICAL WELL-BEINGANTARA MAHASISWA PENGHAFAL QUR’AN DENGAN MAHASISWA BUKAN PENGHAFAL QUR’AN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Skripsi_Hafsah_1125125658.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbandingan psychological well-beingantara mahasiswa penghafal Qur’an dengan mahasiswa bukan penghafal Qur’an. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatifdengan metode expost facto.Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui instrumen Ryff’s psychological well-being scale 54 item version. Pengujian kualitas Instrumen dilakukan dengan menggunakan rasch model. Nilai reliabilitas instrumen dengan alpha cronbachadalah 0,860. Uji perbandingan didasarkan pada nilai mean kelompok yakni 0,4936. Berdasarkan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisa statistika Uji-T(T-test), didapatkan nilai T-hitung sebesar (-2,407)dan nilai p sebesar0,019. Berdasarkan signifikansi error (α) 5% maka nilai p (0,019) < α(0,05). Nilai minus pada T-hitung dan nilai p < α menunjukkanbahwamahasiswa penghafal Qur’an memiliki psychological well-beingyang lebih tinggi dibandingkan mahasiswa bukan penghafal Qur’an

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Anna Armaeni Rangkuti, M.Si ; 2). Lussy Dwiutami Wahyuni M.Pd.,
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Divisions: FPP > S1 Psikologi
Depositing User: hartati .
Date Deposited: 15 Jun 2020 12:13
Last Modified: 15 Jun 2020 12:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7810

Actions (login required)

View Item View Item