PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS VSDKELURAHAN CIRIUNG KABUPATEN BOGOR

INA HANDAYANI, . (2016) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE INVESTIGASI KELOMPOK TERHADAP DISPOSISI MATEMATIKA SISWA KELAS VSDKELURAHAN CIRIUNG KABUPATEN BOGOR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. LEMBAR JUDUL.pdf

Download (118kB)
[img] Text
2. LEMBAR PENGESAHAN.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (359kB)
[img] Text
3. LEMBAR ABSTRAK.pdf

Download (238kB)
[img] Text
4. LEMBAR SURAT PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (159kB)
[img] Text
6. KATA PENGANTAR.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (147kB)
[img] Text
7. DAFTAR ISI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (97kB)
[img] Text
9. BAB I.pdf

Download (177kB)
[img] Text
10. BAB II.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (384kB)
[img] Text
11. BAB III.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (374kB)
[img] Text
12. BAB IV.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (425kB)
[img] Text
13. BAB V- DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (177kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompok terhadap disposisi matematika siswa kelas V SD. Penelitian ini dilaksanakan di SDN Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Sampel dalam penelitian ini adalah 77 siswa kelas V SDN Ciriung 04, Kelurahan Ciriung, Kecamatan Cibinong, Kabupaten Bogor. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Pengumpulan data dilakukan dengan instrumen angket. Instrumen tersebut kemudian diuji normalitas dengan uji Lilifors dan homogenitas dengan uji Bartlett sebagai uji persyaratan data. Selanjutnya dilakukan analisishipotesis menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil perhitungan, diperoleh thitung= 3,49 dengan dk = 75, sedangkan harga ttabelpada taraf signifikansi (α)= 0,05 dengan dk = 75 adalah sebesar 1,66. Berdasarkan hasil perhitungan tersebut diperoleh thitunglebih besar daripada ttabel(3,49>1,66), maka artinya hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis kerja (H1) diterima. Sehingga dapat diartikan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe investigasi kelompokterhadap disposisi matematika siswa kelas V SD. Oleh sebab itu, guru perlu mengetahui kemampuan dan kebutuhan siswa agar guru dapat merancang kegiatan yang bervariasi dalam pembelajaran matematika untuk dapat menumbuhkan serta mengembangkan disposisi matematika siswa kelas V SD

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Yurniwati, M. Pd., ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 15 Jun 2020 15:40
Last Modified: 15 Jun 2020 15:40
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7818

Actions (login required)

View Item View Item