PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISPUISI SESUAI GAMBARMELALUISTRATEGI AKTIVITASMENULIS TERBIMBING (SAMT)PADA SISWA KELAS III SDN KEDAUNG KALIANGKE 06 JAKARTA BARAT

KARTIKA NUR RACHMAWATI, . (2016) PENINGKATANKETERAMPILAN MENULISPUISI SESUAI GAMBARMELALUISTRATEGI AKTIVITASMENULIS TERBIMBING (SAMT)PADA SISWA KELAS III SDN KEDAUNG KALIANGKE 06 JAKARTA BARAT. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
SKRIPSI KARTIKA NUR RACHMAWATI.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

TujuandariPenelitianTindakan Kelas (PTK)ini adalah untuk mengkaji tentangpeningkatan keterampilan menulis puisi sesuai gambarmelalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa kelas III SDN Kedaung KaliAngke 06 Jakarta Barat.Subjek penelitian ini adalah siswa kelas III SDN Kedaung Kali Angke 06 Jakarta Baratyang berjumlah 36orang, terdiri dari 15 orang siswa dan 21orang siswi.Teknik pengumpulan data pada penelitian ini berupa tes uraian, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Model tindakan yang digunakanadalah model siklus dari Kemmis dan Mc. Taggart yang dimodifikasioleh Suharsimi Arikunto. Adapun tahapan PTK berdasarkan model tersebut adalah tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan/observasi, dan refleksi.Hasilpenelitian menunjukkan bahwa Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis puisi sesuai gambar.Siklus I sebanyak 14siswa mendapat nilai ≥ 72denganketuntasan belajar sebesar 38%. Pada siklus II sejumlah 26 siswa memperoleh nilai ≥ 72dengan ketuntasan belajar sebanyak 72%.Pada siklus III sejumlah 34 siswa memperoleh nilai ≥ 72sebanyak94%. Aktivitas guru dalam pembelajaran pada siklus I mencapai 64% sementara aktivitas siswa mencapai 67%. Pada siklus II terjadi peningkatan namun belum dapat dikatakan baikdari aktivitas guru mencapai 71%, sementara aktivitas siswa menjadi 75%.Pada siklus III terjadi peningkatan yang sangat baik dari aktivitas guru 92% sementara aktivitassiswa menjadi96%.Oleh sebab itu, dapat disimpulkan bahwa keterampilan menulis puisi sesuai gambarmelalui Strategi Aktivitas Menulis Terbimbing (SAMT) pada siswa dapat meningkat

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Drs. Juhana Sakmal, M.Pd ; 2). Drs. Dudung Amir Soleh, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 29 not found.
Date Deposited: 19 Jun 2020 14:37
Last Modified: 19 Jun 2020 14:37
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/7853

Actions (login required)

View Item View Item